ERNIASARI, NIA
(2020)
PENGARUH KECERDASAN NATURALIS TERHADAP PENGETAHUAN LANGKAH KETERAMPILAN PROSES IPA PADA MATERI PELESTARIAN SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS IV SD KHADIJAH WONOKROMO SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini mengenai pengaruh kecerdasan naturalis terhadap
keterampilan proses mata pelajaran IPA pada materi pelestarian sumber daya alam
siswa kelas IV SD Khadijah Wonokromo Surabaya. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan naturalis terhadap keterampilan
proses kelas IV SD Khadijah Wonokromo Surabaya.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, jenis
penelitian korelasional, jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 123 siswa.
Pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh, Teknik pengumpulan data
menggunakan angket kecerdasan naturalis dan tes keterampilan proses. Teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi Pearson Product Moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan naturalis yang diperoleh
47,2% dengan kategori sedang, sedangkan keterampilan proses 80,4 dengan
ketegori baik sekali.Pengaruh kecerdasan naturalis terhadap keterampilan proses
sebesar 0,512 yaitu termasuk dalam tingkat korelasi sedang dengan nilai
signifikansi sebesar 0,000 < 0,01. Terdapat pengaruh positif kecerdasan naturalis
terhadap keterampilan proses mata pelajaran IPA pada materi pelestarian sumber
daya alam siswa kelas IV SD Khadijah Wonokromo Surabaya.
Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dengan mengetahui kecerdasan
naturalis siswa sejak awal, guru dapat menentukan model dan strategi
pembelajaran sehingga pembelajaran sains berlangsung secara aktif dan
keterampilan proses sains anak-anak meningkat.
Actions (login required)
|
View Item |