SOLUSI GURU DALAM MENGATASI PERILAKU SOSIAL NEGATIF SISWA (STUDI KASUS DI SDN KEBOANSIKEP 01 GEDANGAN SIDOARJO)

HANDAYANI, HAWA LAILY (2020) SOLUSI GURU DALAM MENGATASI PERILAKU SOSIAL NEGATIF SISWA (STUDI KASUS DI SDN KEBOANSIKEP 01 GEDANGAN SIDOARJO). [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-200028_abstract.pdf

Download (574kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-27239.html

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan solusi guru dalam mengatasi perilaku negatif siswa, dalam peneletian ini juga mendeskripsikan bentuk perilaku negatif dan faktor penyebabnya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan solusi guru dalam mengatasi perilaku negatif siswa di SDN Keboansikep 01 Gedangan Sidoarjo sangat tanggap dalam mengatasi hal tersebut. Solusi yang diberikan guru dalam mengatasi perilaku negatif meliputi (1) melakukan pendekatan khusus terhadap siswa yang mempunyai perilaku negatif, (2) tidak pernah bosan memberikan nasihat dan motivasi sebagai dorongan agar siswa mempunyai perilaku yang baik, (3) memberikan teguran dan peringatan secara langsung maupun tertulis, (4) memberikan sanksi atau hukuman yang mendidik, dan (5) melakukan kerja sama atau pendekatan terhadap orang tua siswa. Adapun bentuk perilaku negatif yang ditemukan adalah mengganggu, membully, emosional, provokator, berkelahi, membolos, berbicara kotor, ramai pada saat jam pelajaran, tidak mematuhi tata tertib, dan sering masuk keluar kelas. faktor penyebabnya yaitu karena dari faktor keluarga, faktor lingkungan atau pergaulan, dan faktor indivdu.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorGhufron, SyamsulNIDN0027096501syamsulghufron@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Solusi guru, bentuk perilaku negatif, siswa, penyebab
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 25 Jan 2022 07:07
Last Modified: 25 Jan 2022 07:07
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8199

Actions (login required)

View Item View Item