AGUSTIN, SISCA DEWI
(2020)
IMPLEMENTASI STRATEGI ACTIVE LEARNING DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV MI BAHRUL ULUM CANDINEGORO WONOAYU SIDOARJO.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Sisca Dewi Agustin. 2020. Implementasi Strategi Active Learning dalam Pelajaran
Bahasa Indonesia di Kelas IV MI Bahrul Ulum Candinegoro Wonoayu
Sidoarjo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
(PGSD). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas
Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA).
Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi active
learning dalam pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV MI Bahrul Ulum
CandinegoroWonoayu Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif
dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan yang
diwawancarai meliputi: guru kelas IV dan tiga siswa kelas IV. Hasil dari penelitian
yang penulis lakukan Implementasi strategi active learning dalam pelajaran Bahasa
Indonesia di kelas IV MI Bahrul Ulum Candinegoro Wonoayu Sidoarjo berdampak
positif dan berjalan dengan baik. Adanya peningkatan kegiatan pembelajaran,
peningkatan ini disebabkan karena guru lebih memberikan waktu belajar lebih
kepada siswa dari pada guru, siswa lebih berperan dalam proses pembelajaran,
siswa lebih aktif dalam artian siswa aktif bertanya, menjawab pertanyaan,
menyampaiakan pendapat, serta mampu memecahkan masalah yang didiskusikan
atas usahanya sendiri. Nilai akademik siswa meningkat, prestasi akademik sekolah
juga meningkat sehingga semua itu berimbas kepada kualitas nilai lulusan yang
semakin baik. Rata-rata nilai yang dicapai oleh siswa 80-95 dalam pembelajaran
Bahasa Indonesia.
Actions (login required)
|
View Item |