TYAS, NOVITASARI WIDYANING
(2020)
PERAN GURU PENDAMPING DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA ERA PANDEMI COVID 19 DI TK KARTIKA SARI KECAMATAN KENJERAN SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Peran guru pendamping dalam proses pembelajaran pada masa pandemi sangadibutuhkan di TK untuk membantu proses pembelajaran, namun guru pendampingdi TK Kartika Sari Kecamatan Kenjeran Surabaya dalam membantu prosespembelajaran kurang maksimal, diantaranya guru pendamping tidak dilibatkan
dalam proses pembelajaran, kurangnya komunikasi antar guru pendamping dan
guru kelas sehingga proses pembelajaran kurang maksimal, kurangnya koordinaspenulisan RPPH pada saat perencanaan pembelajaran dengan guru kelas. Padapelaksanaan proses pembelajaran, tindakan guru pendamping yang belum mampumemahami isi dari rencana kegiatan, sehingga belum mampu memberi contoh
pijakan awal saat main, serta kurangnya koordinasi guru pendamping untukmengelola kelas pada era pandemi covid 19. Penelitian dengan judul “Peran GuruPendamping Dalam Proses Pembelajaran di TK Kartika Sari Kecamatan Kenjeran
Surabaya” bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru pendamping dalam
proses pembelajaran di TK Kartika Sari Kecamatan Kenjeran Surabaya
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan
setting penelitian di TK Kartika Sari Kecamatan Kenjeran Surabaya yang dilaksanakan
pada tanggal Maret sampai Mei 2020. Adapun subjek penelitian adalah kepala sekolahSedangkan informan yang lain adalah guru kelas, serta beberapa wali muridPengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk
menguji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan metode. Analisisdata menggunakan model analisis interaktif dengan cara pengumpulan data, reduksi datapenyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang telah dilaksanakan dengan menggunakan teknik pengumpulan datamenunjukkan hasil belum optimal, dengan peran guru pendamping dalam prosespembelajaran yaitu (1) pada perencanaan pembelajaran guru pendamping belum mampumenyusun rencana kegiatan pembelajaran karena guru pendamping hanya lulusan SMA
dan baru menerjuni dunia pendidikan. (2) guru pendamping dalam membantu mengelolakegiatan bermain belum sesuai dalam memberi arahan sesuai dengan pijakan. (3) gurupendamping mampu melakukan kegiatan evaluasi yang digunakan untuk mengetahukemampuan peserta didik. Penilaian dilakukan dengan memberi 4 bintang kepada anak
yang mampu melakukan kegiatan sendiri tanpa bantuan guru, juga memberi 2 bintang
kepada anak yang belum mampu melakukan kegiatan sendiri dan masih diberi bantuan
Actions (login required)
|
View Item |