PERAN GURU PENDAMPING DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA ERA PANDEMI COVID 19 DI TK KARTIKA SARI KECAMATAN KENJERAN SURABAYA

TYAS, NOVITASARI WIDYANING (2020) PERAN GURU PENDAMPING DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA ERA PANDEMI COVID 19 DI TK KARTIKA SARI KECAMATAN KENJERAN SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-200018_abstract.pdf

Download (537kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-26748.html

Abstract

Peran guru pendamping dalam proses pembelajaran pada masa pandemi sangadibutuhkan di TK untuk membantu proses pembelajaran, namun guru pendampingdi TK Kartika Sari Kecamatan Kenjeran Surabaya dalam membantu prosespembelajaran kurang maksimal, diantaranya guru pendamping tidak dilibatkan dalam proses pembelajaran, kurangnya komunikasi antar guru pendamping dan guru kelas sehingga proses pembelajaran kurang maksimal, kurangnya koordinaspenulisan RPPH pada saat perencanaan pembelajaran dengan guru kelas. Padapelaksanaan proses pembelajaran, tindakan guru pendamping yang belum mampumemahami isi dari rencana kegiatan, sehingga belum mampu memberi contoh pijakan awal saat main, serta kurangnya koordinasi guru pendamping untukmengelola kelas pada era pandemi covid 19. Penelitian dengan judul “Peran GuruPendamping Dalam Proses Pembelajaran di TK Kartika Sari Kecamatan Kenjeran Surabaya” bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru pendamping dalam proses pembelajaran di TK Kartika Sari Kecamatan Kenjeran Surabaya Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan setting penelitian di TK Kartika Sari Kecamatan Kenjeran Surabaya yang dilaksanakan pada tanggal Maret sampai Mei 2020. Adapun subjek penelitian adalah kepala sekolahSedangkan informan yang lain adalah guru kelas, serta beberapa wali muridPengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan metode. Analisisdata menggunakan model analisis interaktif dengan cara pengumpulan data, reduksi datapenyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan dengan menggunakan teknik pengumpulan datamenunjukkan hasil belum optimal, dengan peran guru pendamping dalam prosespembelajaran yaitu (1) pada perencanaan pembelajaran guru pendamping belum mampumenyusun rencana kegiatan pembelajaran karena guru pendamping hanya lulusan SMA dan baru menerjuni dunia pendidikan. (2) guru pendamping dalam membantu mengelolakegiatan bermain belum sesuai dalam memberi arahan sesuai dengan pijakan. (3) gurupendamping mampu melakukan kegiatan evaluasi yang digunakan untuk mengetahukemampuan peserta didik. Penilaian dilakukan dengan memberi 4 bintang kepada anak yang mampu melakukan kegiatan sendiri tanpa bantuan guru, juga memberi 2 bintang kepada anak yang belum mampu melakukan kegiatan sendiri dan masih diberi bantuan

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyaikhon, MuhammadNIDN0722128302muhammadsay87@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Peran guru pendamping, anak usia dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 01:26
Last Modified: 11 Apr 2023 03:48
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8235

Actions (login required)

View Item View Item