SUMARNI, SUMARNI
(2020)
PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 3-4 TAHUN DALAM MENGENAL BILANGAN MELALUI PERMAINAN BOWLING DI PPT MELATI SUKOMANUNGGAL SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Kemampuan kognitif adalah kemampuan yang lebih menekankan pada potensi
intelektual manusia. Sedangkan permainan bowling adalah permainan yang
dimainkan dengan menggelindingkan bola dengan menggunakan tangan kearah pin
yang berjumlah lima yang telah disusun menjadi bentuk segitiga.. Penelitian ini
dilatari oleh permasalahan 1) Kemampaun koginitif anak masih belum/kurang
berkembang 2) Kurangnya perhatian orang tua terhadap pendidikan anak 3)
Kurangnya inovasi guru dalam pembelajaran baik terkait media, metode
pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kognitif melalui
permainan bowling di PPT Melati Sukomanunggal Suarabaya. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara,
observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan
cara reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Manfaat baik yang
diperoleh anak jika mengikuti kegiatan permainan bowling adalah anak dapat
mengerti dan mengenal konsep bilangan serta kepuasan tersendiri.
Hasil dari penelitiannya adalah, sejumlah 16 anak memiliki perkembangan
kognitif yang sangat baik atau mencapai kriteria berkembang sangat baik (BSB)
yang ditandai dengan anak dapat mengenal konsep bilangan, anak dapat mengerti
banyak sedikit, anak dapat mengacak bilangan 1-5, anak dapat mengurutkan
bilangan 1-5, anak dapat mengetahui dan menyebutkan bilangan dan 5 anak belum
berkembang dengan baik atau masih pada kriteria belum berkembnag (BB).
Penyebab anak yang belum berkembang dipengaruhi oleh kurangnya perhatian
orang terhadap pendidikan anak, kurangnya kemandirian anak dalam belajar,
kurangnya kosentrasi anak dalam belajar.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa perkembangan kognitif anak
dalam mengenal bilamgan melalui permain bowling ,sebagian besar anak
perkembangan kognitifnya sangat baik sesuai harapan. Disarankan kepada guru
untuk sebaiknya memahami perkembangan kognitif anak pada anak usia dini,
sehingga mampu memilih metode pengasuhan yang tepat dan pembelajaran yg
menarik perhatian anak.
Actions (login required)
|
View Item |