PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 3-4 TAHUN DALAM MENGENAL BILANGAN MELALUI PERMAINAN BOWLING DI PPT MELATI SUKOMANUNGGAL SURABAYA

SUMARNI, SUMARNI (2020) PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 3-4 TAHUN DALAM MENGENAL BILANGAN MELALUI PERMAINAN BOWLING DI PPT MELATI SUKOMANUNGGAL SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-200019_abstract.pdf

Download (439kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-26749.html

Abstract

Kemampuan kognitif adalah kemampuan yang lebih menekankan pada potensi intelektual manusia. Sedangkan permainan bowling adalah permainan yang dimainkan dengan menggelindingkan bola dengan menggunakan tangan kearah pin yang berjumlah lima yang telah disusun menjadi bentuk segitiga.. Penelitian ini dilatari oleh permasalahan 1) Kemampaun koginitif anak masih belum/kurang berkembang 2) Kurangnya perhatian orang tua terhadap pendidikan anak 3) Kurangnya inovasi guru dalam pembelajaran baik terkait media, metode pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kognitif melalui permainan bowling di PPT Melati Sukomanunggal Suarabaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan cara reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Manfaat baik yang diperoleh anak jika mengikuti kegiatan permainan bowling adalah anak dapat mengerti dan mengenal konsep bilangan serta kepuasan tersendiri. Hasil dari penelitiannya adalah, sejumlah 16 anak memiliki perkembangan kognitif yang sangat baik atau mencapai kriteria berkembang sangat baik (BSB) yang ditandai dengan anak dapat mengenal konsep bilangan, anak dapat mengerti banyak sedikit, anak dapat mengacak bilangan 1-5, anak dapat mengurutkan bilangan 1-5, anak dapat mengetahui dan menyebutkan bilangan dan 5 anak belum berkembang dengan baik atau masih pada kriteria belum berkembnag (BB). Penyebab anak yang belum berkembang dipengaruhi oleh kurangnya perhatian orang terhadap pendidikan anak, kurangnya kemandirian anak dalam belajar, kurangnya kosentrasi anak dalam belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa perkembangan kognitif anak dalam mengenal bilamgan melalui permain bowling ,sebagian besar anak perkembangan kognitifnya sangat baik sesuai harapan. Disarankan kepada guru untuk sebaiknya memahami perkembangan kognitif anak pada anak usia dini, sehingga mampu memilih metode pengasuhan yang tepat dan pembelajaran yg menarik perhatian anak.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSaleh, Nanang RokhmanNIDN0715117602nanang_kh.aslie@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Permainan Bowling Perkembangan Kognitif Anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 01:32
Last Modified: 11 Apr 2023 03:49
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8239

Actions (login required)

View Item View Item