QOYYIMAH, MADINATUL
(2020)
PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA SISWA SEKOLAH DASAR.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Madinatul Qoyyimah. 2020. Meta analisis pengaruh metode mind mapping
terhadap keterampilan bercerita siswa sekolah dasar. Skripsi, Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nahdlatul Ulama
Surabaya, Pembimbing: Dr. Suharmono Kasiyun., S.Pd. M.Pd.
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kembali penelitian yang ada
mengenai pengaruh metode mind mapping terhadap keterampilan bercerita siswa
sekolah dasar sebelum dan sesudah diterapkan metode mind mapping. Penelitian
ini menggunakan metode meta analisis. Sebelum melakukan penelitian ini terlebih
dahulu merumuskan masalah kemudian selanjutnya dilakukan beberapa langkah
diantaranya: mencari sumber data yang dicari melalui google scholar atau google
cendikiawan dengan menggunakan kata kunci “mind mapping” dan “keterampilan
bercerita”. Dari hasil pencarian pada google sholar ditemukan 11 jurnal, tetapi
hanya ada 6 jurnal yang digunakan. Kemudian 6 data tersebut diolah kembali
dengan bantuan SPPS versi 22. Berdasarkan hasil analisis dari 6 jurnal dapat
dikatakan bahwa metode mind mapping dapat meningkatkan keterampilan
bercerita siswa, dilihat pada nilai akhir dan sesuai dengan rumus hipotesis nilai
sig. (2-tailed) < α dengan nilai (0,001<0,05) sehingga H0 ditolak dan menerima H1
artinya penerapan metode mind mapping berpengaruh terhadap keterampilan
bercerita siswa dengan rata-rata keterampilan bercerita sebelum diberi perlakuan
sebesar 59,4967 dan setelah diberikan perlakuan 78,4033, sehingga dapat
meningkat sebesar 18,9467.
Actions (login required)
|
View Item |