NAFISAH, ZAHROTUN
(2020)
META ANALISIS PENGARUH MANAJEMEN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Manajemen kelas merupakan hal yang sangat penting dalam proses belajar
mengajar dengan manajemen kelas yang tepat dan benar siswa akan merasa
nyaman dan senang saat menerima materi pembelajaran sehingga hasil belajar pun
diharapkan akan lebih baik dengan manajemen yang tepat, oleh karena itu seorang
pendidik diharapkan dapat menguasai manajemen kelas dengan baik. Tujuan
dilakukan penelitian ini adalah guna menganalisis pengaruh manajemen kelas
dengan hasil belajar peserta didik di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan
metode jenis penelitian meta-analisis. Sedangkan teknik dalam pengumpulan data
menggunakan teknik dokumentasi berupa artikel yang terdapat pada google
scholar. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis
pembanding. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pengaruh manajemen
kelas terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar memiliki pengaruh yang
positif dan signifikan dengan tingkat persentase 77,8% hasil penelitian dari artikel
yang dianalisis memiliki pengaruh positif, sedangkan 22,2 % hasil penelitian yang
dianalisis menyatakan tidak ada pengaruh karena ada faktor lain yang
mempengaruhi hasil belajar peserta didik tidak dari manajemen kelas yang
diterapkan pendidik, dan faktor tersebut merupakan fasilitas sekolah yang kurang
memadai, dapat di simpulkan bahwa manajemen kelas memiliki pengaruh
terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Rekomendasi penelitian ini adalah
1) Hendaknya guru menguasai manajemen kelas yang tepat, baik dan sesuai
dengan peserta didik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa Sekolah
Dasar, 2) Bagi peneliti lain, hendaknya ada penelitian lanjutan yang terkait dengan
hasil penelitian ini sehingga bisa digunakan sebagai dasar penelitian lanjut.
Actions (login required)
|
View Item |