PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI 3-4 TAHUN MELALUI MEDIA MONOPOLI WARNA DI PPT RUMAH BINTANG KECAMATAN BULAK SURABAYA

ROCHMI, NURI NUR (2020) PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI 3-4 TAHUN MELALUI MEDIA MONOPOLI WARNA DI PPT RUMAH BINTANG KECAMATAN BULAK SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-200023_abstract.pdf

Download (772kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-26758.html

Abstract

Nuri Nur R., 2020.Peran Guru Dalam Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini 3-4 Tahun Melalui Media Monopoli Warna Di PPT Rumah Bintang Kecamatan Bulak Surabaya. Penelitian Kualitatif Program Studi S1 PG Pendidikan Anak Usia Dini Faklultas Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama. Pembimbing Machmudah,S.Pd,.M.Pd Peran guru dalam pengembangan kognitif anak usia dini 3-4 tahun melalui media monopoli warna sangat diperlukan untuk perkembangan kognitif pada pendidikan anak usia dini. Peran guru yang dimaksud disini adalah bagian dari upaya untuk memaksimalkan perkembangan kognitif anak usia dini dalam mengenal warna di PPT Rumah Bintang. Permasalahan yang ada di PPT Rumah Bintang adalah banyaknya wali murid yang pekerjaannya sebagai pedagang kaki lima dan pekerja oleh sebab itu peran guru disini menjadi titik sentral dalam mengembangkan kognitif dalam mengenalan warna pada anak usia dini di PPT Rumah BintangBulak Surabaya. Penelitian ini menggunakan Penelitian Kualitatif. Subyek penelitian anak usia dini sebanyak 20 anak. Lokasi penelitian di PPT Rumah Bintang Bulak Surabaya. Dengan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dari peran guru terhadap kognitif pengenalan warna sudah berjalan dengan baik di PPT Rumah Bintang Bulak Surabaya. Setelah dilaksanakan observasi dan peran guru dalam pengembangan kognitif anak usia dini 3-4 tahun melalui monopoli warna dalam pengenalan warna pada anak sebesar 15% (3 anak) yang dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB),60% (12 anak) dengan kriteria berkembang sesuai harapan (BSB),15% (3 anak) dengan kriteria mulai berkembang (MB),10% (2 anak) dengan kreteria belum berkembang (BB) karena kurangnya stimulasi pendampingan orang tua pada anak di rumah . Kesimpulan dari penelitian ini adalah, bahwa peran guru dalam pengembangan kognitif anak usia dini 3-4 tahun melalui media monopoli warna di PPT Rumah Bintang Kecamatan Bulak Surabaya berkembang sesuai harapan hal ini dikarenakan anak mau dan mampu untuk melaksanakan tugas perkembangan kognitif sesuai dengan Standart Tingkat Penilaian Pencapaian Anak 2013 (STPPA 2013 ). Disarankan kepada para pengajar untuk menggunakan perkembangan kognitif sebagai alternatif pengajaran yang kreatif dan efektif dalam pengenalan warna pada anak.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMachmudah, MachmudahNIDN0712037401machmudah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kognitif ,Media Monopoli Warna
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 01:58
Last Modified: 11 Apr 2023 03:56
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8257

Actions (login required)

View Item View Item