ROCHMI, NURI NUR
(2020)
PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI 3-4 TAHUN MELALUI MEDIA MONOPOLI WARNA DI PPT RUMAH BINTANG KECAMATAN BULAK SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Nuri Nur R., 2020.Peran Guru Dalam Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini 3-4
Tahun Melalui Media Monopoli Warna Di PPT Rumah Bintang Kecamatan Bulak
Surabaya. Penelitian Kualitatif Program Studi S1 PG Pendidikan Anak Usia Dini
Faklultas Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama. Pembimbing
Machmudah,S.Pd,.M.Pd
Peran guru dalam pengembangan kognitif anak usia dini 3-4 tahun melalui
media monopoli warna sangat diperlukan untuk perkembangan kognitif pada
pendidikan anak usia dini. Peran guru yang dimaksud disini adalah bagian dari
upaya untuk memaksimalkan perkembangan kognitif anak usia dini dalam
mengenal warna di PPT Rumah Bintang. Permasalahan yang ada di PPT Rumah
Bintang adalah banyaknya wali murid yang pekerjaannya sebagai pedagang kaki
lima dan pekerja oleh sebab itu peran guru disini menjadi titik sentral dalam
mengembangkan kognitif dalam mengenalan warna pada anak usia dini di PPT
Rumah BintangBulak Surabaya.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Kualitatif. Subyek penelitian anak
usia dini sebanyak 20 anak. Lokasi penelitian di PPT Rumah Bintang Bulak
Surabaya. Dengan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif
kualitatif.
Hasil penelitian dari peran guru terhadap kognitif pengenalan warna sudah
berjalan dengan baik di PPT Rumah Bintang Bulak Surabaya. Setelah dilaksanakan
observasi dan peran guru dalam pengembangan kognitif anak usia dini 3-4 tahun
melalui monopoli warna dalam pengenalan warna pada anak sebesar 15% (3 anak)
yang dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB),60% (12 anak) dengan kriteria
berkembang sesuai harapan (BSB),15% (3 anak) dengan kriteria mulai berkembang
(MB),10% (2 anak) dengan kreteria belum berkembang (BB) karena kurangnya
stimulasi pendampingan orang tua pada anak di rumah .
Kesimpulan dari penelitian ini adalah, bahwa peran guru dalam
pengembangan kognitif anak usia dini 3-4 tahun melalui media monopoli warna di
PPT Rumah Bintang Kecamatan Bulak Surabaya berkembang sesuai harapan hal
ini dikarenakan anak mau dan mampu untuk melaksanakan tugas perkembangan
kognitif sesuai dengan Standart Tingkat Penilaian Pencapaian Anak 2013 (STPPA
2013 ). Disarankan kepada para pengajar untuk menggunakan perkembangan
kognitif sebagai alternatif pengajaran yang kreatif dan efektif dalam pengenalan
warna pada anak.
Actions (login required)
|
View Item |