HILMIYAH, RAHMAH FAHRUZA
(2020)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sebelum dan sesudah
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap
peningkatan hasil belajar siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah meta analysis. Penelitian ini dimulai dengan
menganalisis masalah topik penelitian yang telah dikembangkan menjadi
identifikasi masalah, kemudian mencari artikel jurnal yang relevan untuk
mengumpulkan data pada langkah terakhir. Data tersebut diperoleh dari 10 artikel
yang telah terindeks di Google Scholar, dan disertifikasi oleh Sinta dengan kata
kunci "Model Pembelajaran Kooperatif", "Model Pembelajaran Kooperatif tipe
Talking Stick", dan "Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar". Analisis data dalam
penelitian ini menggunakan meta-analisis korelasional. Uji hipotesis menunjukkan
bahwa H0 ditolak dan diterima H1 karena nilai Sig. (2-tailed) a 0,000 artinya
<0,01 dengan tingkat kebenaran 99% dan tingkat kesalahan hanya 1%, sehingga
dapat disimpulkan bahwa terdapat Ada perbedaan yang signifikan antara hasil
belajar siswa Sekolah Dasar sebelum dan sesudah penerapan Model Pembelajaran
Kooperatif Talking Stick.
Actions (login required)
|
View Item |