IMPLEMENTASI KEGIATAN KEPRAMUKAAN MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN DI SEKOLAH DASAR KYAI HASYIM SURABAYA

SADAD, AHMAD SYAMSUDDIN (2020) IMPLEMENTASI KEGIATAN KEPRAMUKAAN MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN DI SEKOLAH DASAR KYAI HASYIM SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-200002_abstract.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-26029.html

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Kemerosotan moral siswa ini terbukti dengan berbagai kasus seperti kriminal dan kasus kejahatan pelajar, salah satu penyebabnya karena dalam proses pembelajaran para pendidik lebih meningkatkan pada aspek kognitif ( teori) dibandingkan dengan aspek afektif ( sikap/karakter) Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Implementasi kegiatan kepramukaan meningkatkan karakter di Sekolah Dasar Kyai Hasyim Surabaya dan untuk menganalisis faktor-faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan karakter disiplin Di Sekolah Dasar Kyai Hasyin Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan Kualitatif yang bersifat Deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik purpossitif sampling untuk menentukan sample sejak awal. Sampel pada penelitian ini adalah pembina pramuka dan siswa. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajiaan data (display) dan kesimpulan (conclusions drowing/verifiying). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan uji corfirmabilitas dan Prolonged engagement. Hasil penelitian yang berjudul Implementasi Kegiatan Kepramukaan Meningkatkan Karter Disiplin Di Sekolah Dasar Kyai Hasyim Surabaya melalui metode pembiasaan yang terdiri dari kegiatan disiplin yaitu menggunakan atribut pramuka lengkap, mengumpulkan tugas tepat waktu, datang ke sekolah 15 menit sebelum jam pelajaran dimulai. Dimana penerapan karakter disiplin ini di pengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor-faktor pendukung dan faktor penghambat. Kegiatan-kegiatan pembiasaan yang di terapkan diketahui bahwa fator-faktor pendukung dalam pelaksanaan karakter disiplin di Sekolah Dasar Kyai Hasyim Surabaya adalah dukungan orang tua, dukungan dukungan seluruh pembina pramuka dalam melaksanakan kebijakan sekolah terkait penanaman karakter disiplin, kerjasama antara pembina pramuka/sekolah dan orang tua, fasilitas sekolah dan budaya sekolah seperti membuang sampah pada tempatnya. Faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan karakter disiplin di Sekolah Dasar Kyai Hasyim Surabaya lingkungan sekolah yang dalam satu kompleks dengan TK, SMP, dan SMA. Kurangnya dukungan dari lingkungan masyarakat/lingkungan sekitar siwa, kurangnya kesadaran orang tua untuk mendukung siswa dalam menerapkan karakter disiplin di rumah, teman-teman siswa dan faktor pembina.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTaufiq, MohammadNIDN0717108402mtaufiq79@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Krakter disiplin, kegiatan disiplin
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 02:07
Last Modified: 12 Apr 2023 07:24
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8264

Actions (login required)

View Item View Item