SADAD, AHMAD SYAMSUDDIN
(2020)
IMPLEMENTASI KEGIATAN KEPRAMUKAAN MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN DI SEKOLAH DASAR KYAI HASYIM SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh Kemerosotan moral siswa ini terbukti
dengan berbagai kasus seperti kriminal dan kasus kejahatan pelajar, salah satu
penyebabnya karena dalam proses pembelajaran para pendidik lebih
meningkatkan pada aspek kognitif ( teori) dibandingkan dengan aspek afektif (
sikap/karakter)
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Implementasi kegiatan
kepramukaan meningkatkan karakter di Sekolah Dasar Kyai Hasyim Surabaya
dan untuk menganalisis faktor-faktor penghambat dan pendukung dalam
penerapan karakter disiplin Di Sekolah Dasar Kyai Hasyin Surabaya. Jenis
penelitian yang digunakan adalah pendekatan Kualitatif yang bersifat Deskriptif.
Penelitian ini menggunakan teknik purpossitif sampling untuk menentukan
sample sejak awal. Sampel pada penelitian ini adalah pembina pramuka dan
siswa.
Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode
observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan
adalah pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction),
penyajiaan data (display) dan kesimpulan (conclusions drowing/verifiying).
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan uji corfirmabilitas dan Prolonged
engagement.
Hasil penelitian yang berjudul Implementasi Kegiatan Kepramukaan
Meningkatkan Karter Disiplin Di Sekolah Dasar Kyai Hasyim Surabaya melalui
metode pembiasaan yang terdiri dari kegiatan disiplin yaitu menggunakan atribut
pramuka lengkap, mengumpulkan tugas tepat waktu, datang ke sekolah 15 menit
sebelum jam pelajaran dimulai. Dimana penerapan karakter disiplin ini di
pengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor-faktor pendukung dan faktor
penghambat. Kegiatan-kegiatan pembiasaan yang di terapkan diketahui bahwa
fator-faktor pendukung dalam pelaksanaan karakter disiplin di Sekolah Dasar
Kyai Hasyim Surabaya adalah dukungan orang tua, dukungan dukungan seluruh
pembina pramuka dalam melaksanakan kebijakan sekolah terkait penanaman
karakter disiplin, kerjasama antara pembina pramuka/sekolah dan orang tua,
fasilitas sekolah dan budaya sekolah seperti membuang sampah pada tempatnya.
Faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan karakter disiplin di Sekolah Dasar
Kyai Hasyim Surabaya lingkungan sekolah yang dalam satu kompleks dengan
TK, SMP, dan SMA. Kurangnya dukungan dari
lingkungan
masyarakat/lingkungan sekitar siwa, kurangnya kesadaran orang tua untuk
mendukung siswa dalam menerapkan karakter disiplin di rumah, teman-teman
siswa dan faktor pembina.
Actions (login required)
|
View Item |