KUSUMAWATI, DILA PUTRI
(2020)
PENERAPAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 3 SAMPAI 4 TAHUN DI PPT KENCANA SEJAHTERA TANDES SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Dila Putri Kusumawati 2020. Penerapan Metode Eksperimen Terhadap
Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 3-4 Tahun di PPT Kencana Sejahtera
Tandes Surabaya. Penelitian Kualitatif Program Studi S1 Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini Faklultas Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul
Ulama. Pembimbing Nanang Rochman Saleh, S.Ag, M.Th.I
Eksperimen merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat
mengembangkan sosial emosional anak usia dini. Eksperimen merupakan
kegiatan yang dapat mengeksplor atau mengekspresikan sosial emosional anak,
sebab dalam eksperimen anak dapat mengekspresikan diri tanpa ada paksaan dari
orang lain. Penelitian ini dilatari oleh permasalahan peserta didik yang tidak dapat
menghargai orang lain, mudah bosan susah untuk bekerja sama, tidak dapat
bersabar menunggu giliran dan tidak menunjukan ekspresi ketika melakukan
kesalahan.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan metode
eksperimen terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 3-4 tahun d PPT
Kencana Sejahtera Tandes Surabaya.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Kualitatif. Subyek penelitian anak
usia 3-4 tahun sebanyak 17 peserta didik. Lokasi penelitian di Pos PAUD Terpadu
(PPT) Kencana Sejahtera Tandes Surabaya. Instrumen penelitian menggunakan
lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode eksperimen sudah
berjalan dengan baik di PPT Kencana Sejahtera Tandes Surabaya yang ditandai
dengan adanya perkembangan sosial emosional sesuai dengan STPPA . pada 14
anak (83%), dengan kriteria berkembang sesuai harapan (BSH), sisanya 3 anak
(17%) mulai berkembang (MB) karena kurangnya stimulasi pendampingan orang
tua pada anak di rumah .
Kesimpulan dari penelitian ini adalah, bahwa penerapan metode
eksperimen salah satu metode yang dapat menunjang perkembangan sosial
emosional anak usia 3-4 tahun di PPT kencana Sejahtera Tandes Surabaya dengan
kriteria berkembang sesuai harapan. Hal ini dikarenakan anak mau dan mampu
untuk melaksanakan tugas perkembangan sosial emosional sesuai dengan STPPA
2013. Disarankan kepada para pendidik untuk menggunakan metode eksperimen
sebagai salah satu alternatif pengajaran yang kreatif dan efektif dalam upaya
mengembangkan sosial emosinal anak uais 3-4 tahun.
Actions (login required)
|
View Item |