PENERAPAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 3 SAMPAI 4 TAHUN DI PPT KENCANA SEJAHTERA TANDES SURABAYA

KUSUMAWATI, DILA PUTRI (2020) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 3 SAMPAI 4 TAHUN DI PPT KENCANA SEJAHTERA TANDES SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-200025_abstract.pdf

Download (689kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-26760.html

Abstract

Dila Putri Kusumawati 2020. Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 3-4 Tahun di PPT Kencana Sejahtera Tandes Surabaya. Penelitian Kualitatif Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Faklultas Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama. Pembimbing Nanang Rochman Saleh, S.Ag, M.Th.I Eksperimen merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat mengembangkan sosial emosional anak usia dini. Eksperimen merupakan kegiatan yang dapat mengeksplor atau mengekspresikan sosial emosional anak, sebab dalam eksperimen anak dapat mengekspresikan diri tanpa ada paksaan dari orang lain. Penelitian ini dilatari oleh permasalahan peserta didik yang tidak dapat menghargai orang lain, mudah bosan susah untuk bekerja sama, tidak dapat bersabar menunggu giliran dan tidak menunjukan ekspresi ketika melakukan kesalahan.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan metode eksperimen terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 3-4 tahun d PPT Kencana Sejahtera Tandes Surabaya. Penelitian ini menggunakan Penelitian Kualitatif. Subyek penelitian anak usia 3-4 tahun sebanyak 17 peserta didik. Lokasi penelitian di Pos PAUD Terpadu (PPT) Kencana Sejahtera Tandes Surabaya. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode eksperimen sudah berjalan dengan baik di PPT Kencana Sejahtera Tandes Surabaya yang ditandai dengan adanya perkembangan sosial emosional sesuai dengan STPPA . pada 14 anak (83%), dengan kriteria berkembang sesuai harapan (BSH), sisanya 3 anak (17%) mulai berkembang (MB) karena kurangnya stimulasi pendampingan orang tua pada anak di rumah . Kesimpulan dari penelitian ini adalah, bahwa penerapan metode eksperimen salah satu metode yang dapat menunjang perkembangan sosial emosional anak usia 3-4 tahun di PPT kencana Sejahtera Tandes Surabaya dengan kriteria berkembang sesuai harapan. Hal ini dikarenakan anak mau dan mampu untuk melaksanakan tugas perkembangan sosial emosional sesuai dengan STPPA 2013. Disarankan kepada para pendidik untuk menggunakan metode eksperimen sebagai salah satu alternatif pengajaran yang kreatif dan efektif dalam upaya mengembangkan sosial emosinal anak uais 3-4 tahun.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSaleh, Nanang RokhmanNIDN0715117602nanang_kh.aslie@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Metode Eksperimen, perkembnagan Sosial Emosional.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 02:11
Last Modified: 26 Jan 2022 02:11
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8267

Actions (login required)

View Item View Item