SEPTIANI, LAILA EKA SURYA
(2020)
REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SKALA DITINJAU DARI TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD DARUL ULUM SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Septiani, Laila Eka Surya. 2020. Representasi Matematis Siswa dalam
Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Skala Ditinjau dari
Tingkat Kemampuan Matematika Siswa Kelas V SD Darul Ulum
Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Pembimbing: Sri Hartatik,
S.Si., M.Pd.
Rendahnya kemampuan representasi matematis siswa disebabkan
oleh faktor kurang terlatihnya siswa dalam memecahkan masalah
matematika kontekstual padahal mereka sering menemukannya di
kehidupan sehari-hari. Untuk memecahkankan masalah matematika yang
dihadapi membutuhkan pemikiran dan pemahaman konsep matematika
tingkat tinggi. Salah satu contohnya dalam memecahkan soal cerita materi
skala yang menjadi masalah bagi siswa, sehingga pemecahan masalah dalam
matematika sangat perlu dikuasai oleh siswa dengan baik, serta memerlukan
keterampilan bernalar dan berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah
tersebut. Keberagaman representasi yang muncul dalam memecahkan
masalah skala antara satu siswa dengan siswa lainnya. Hal ini disebabkan
karena kemampuan matematika siswa berbeda-beda. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui
representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang
berdasarkan kemampuan matematika siswa. Metode penelitian yang
digunakan adalah deskriptif. Subjek dalam penelitian ini 3 siswa yang
mempunyai kemampuan matematika yang berbeda, yaitu 1 siswa
kemampuan tinggi, 1 siswa kemampuan sedang, dan 1 siswa kemampuan
rendah yang diambil dari kelas VA SD Darul Ulum Surabaya. Penelitian ini
dilakukan untuk mengetahui representasi matematis menurut tingkat
kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita tentang skala.
Berdasarkan hasil tes kemampuan representasi matematis
menunjukkan: (1) Subjek berkemampuan tinggi belum mampu membuat
representasi visual untuk menyelesaikan masalah secara benar dan lengkap,
mampu menemukan model matematika dengan benar kemudian melakukan
perhitungan atau mendapatkan solusi secara benar, lengkap, dan matematis,
serta mampu menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah
matematika dengan teks tertulis secara jelas serta tersusun secara logis dan
sisematis dengan baik. (2) Subjek berkemampuan sedang belum mampu
membuat representasi visual untuk menyelesaikan masalah secara benar dan
lengkap, mampu menemukan model matematika dengan benar kemudian
melakukan perhitungan atau mendapatkan solusi secara benar, lengkap, dan
matematis, serta mampu menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah
matematika dengan teks tertulis secara jelas serta tersusun secara logis dan
sisematis dengan baik. (3) Subjek berkemampuan rendah belum mampu
membuat representasi visual untuk menyelesaikan masalah secara benar dan lengkap, mampu menemukan model matematika dengan benar kemudian
melakukan perhitungan atau mendapatkan solusi secara benar, lengkap, dan
matematis, tetapi kurang mampu menuliskan langkah-langkah penyelesaian
masalah matematika dengan teks tertulis secara jelas serta tersusun secara
logis dan sisematis.
Actions (login required)
|
View Item |