PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV DENGAN MATERI EKOSISTEM PADA PENGELOLAAN SAMPAH SELARAS KEARIFAN LOKAL DI SDN WARUGUNUNG II SURABAYA

FIRDAUS, GABRIELA MUGHNY (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV DENGAN MATERI EKOSISTEM PADA PENGELOLAAN SAMPAH SELARAS KEARIFAN LOKAL DI SDN WARUGUNUNG II SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-200003_abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-26196.html

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing pada siswa kelas IV SDN Warugunung II Surabaya dengan materi ekosistem pada pengelolaan sampah selaras kearifan lokal. inkuiri terbimbing sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi belajar. Subj Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode eksperimen dan dengan desain One-Shot Case Study. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Model pembelajaran ek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Warugunung II Surabaya sebanyak 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket. Hasil dari penelitian model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan materi ekosistem pada pengelolaan sampah selaras kearifan lokal terhadap motivasi belajar siswa kelas IV di SDN Warugunung 2 Surabaya melalui aspek minat, kesiapan, dan perhatian yaitu 5,02, 4,96, dan 4,63 dengan kategori sangat baik sehingga model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTaufiq, MohammadNIDN0717108402mtaufiq79@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran inkuiri, motivasi belajar, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 02:11
Last Modified: 12 Apr 2023 07:25
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8269

Actions (login required)

View Item View Item