FIRDAUS, GABRIELA MUGHNY
(2020)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV DENGAN MATERI EKOSISTEM PADA PENGELOLAAN SAMPAH SELARAS KEARIFAN LOKAL DI SDN WARUGUNUNG II SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar melalui model
pembelajaran inkuiri terbimbing pada siswa kelas IV SDN Warugunung II
Surabaya dengan materi ekosistem pada pengelolaan sampah selaras kearifan lokal.
inkuiri terbimbing sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi belajar. Subj
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode eksperimen dan
dengan desain One-Shot Case Study. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah
Model pembelajaran ek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Warugunung II
Surabaya sebanyak 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, angket.
Hasil dari penelitian model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan materi
ekosistem pada pengelolaan sampah selaras kearifan lokal terhadap motivasi belajar
siswa kelas IV di SDN Warugunung 2 Surabaya melalui aspek minat, kesiapan, dan
perhatian yaitu 5,02, 4,96, dan 4,63 dengan kategori sangat baik sehingga model
pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Actions (login required)
|
View Item |