GAMBARAN KARAKTER SOPAN SANTUN DENGAN METODE PEMBIASAAN PADA ANAK DI TK B TUNAS BANGSA SURABAYA

MUTMAINAH, MUTMAINAH (2020) GAMBARAN KARAKTER SOPAN SANTUN DENGAN METODE PEMBIASAAN PADA ANAK DI TK B TUNAS BANGSA SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-200026_abstract.pdf

Download (330kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-26763.html

Abstract

Mutmainah, 2020. Gambaran karakter sopan santun dengan metode pembiasaan pada anak tk B di TK Tunas bangsa Surabaya. Skripsi. Program studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Falkustas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Pada masa era globalisasi yang terjadi saat ini membawa masyarakat Indonesia melupakan pendidikan karakter, sehingga banyak dijumpai anak usia dini yang bersikap kurang sopan dan tidak santun terhadap lingkungan sekitar baik di lingkungan keluarga maupun di lingkungan sekolah. Tujuan Untuk mendeskripsikan proses dari gambaran karakter sopan santun dengan metode pembiasaan pada anak TK B di TK Tunas Bangsa Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yang melibatkan 20 orang anak, 12 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang bersifat deskriptif, menggambarkan karakter sopan santun siswa yang dilaporkan melalui wali murid secara daring terhadap guru melalui wawancara, dokumentasi, observasi. Kemudian di gunakan sebagai alat pengumpulan data yang penulis gunakan. Bedasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran karakter sopan santun dengan metode pembiasaan dengan nilai berkembang sesuai harapan sebanyak 15 anak, sedangkan gambaran karakter sopan santun dengan nilai mulai berkembang sebanyak 3 anak dan gambaran karakter sopan santun dengan nilai belum berkembang sebanyak 2 anak, dari hasil pengumpulan data melalui metode pembiasaan yang dilakukan oleh orangtua dirumah. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa efektivitas gambaran karakter sopan santun dengan metode pembiasaan pada anak TK B di TK Tunas Bangsa Kenjeran Surabaya sudah berjalan cukup baik dengan adanya peningkatan pencapaian dalam pembiasaan karakter sopan santun anak. Metode pembiasaan efektif digunakan oleh seluruh pihak untuk kesiapan anak melanjutkan pendidikan selanjutnya.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKamariyah, NurulNIDN0728017002nurulkamariyah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: karakter sopan santun; metode pembiasaan; pada tk b
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 02:17
Last Modified: 11 Apr 2023 03:57
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8272

Actions (login required)

View Item View Item