MUTMAINAH, MUTMAINAH
(2020)
GAMBARAN KARAKTER SOPAN SANTUN DENGAN METODE PEMBIASAAN PADA ANAK DI TK B TUNAS BANGSA SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Mutmainah, 2020. Gambaran karakter sopan santun dengan metode
pembiasaan pada anak tk B di TK Tunas bangsa Surabaya. Skripsi.
Program studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Falkustas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul
Ulama Surabaya.
Pada masa era globalisasi yang terjadi saat ini membawa masyarakat Indonesia
melupakan pendidikan karakter, sehingga banyak dijumpai anak usia dini yang
bersikap kurang sopan dan tidak santun terhadap lingkungan sekitar baik di
lingkungan keluarga maupun di lingkungan sekolah. Tujuan Untuk
mendeskripsikan proses dari gambaran karakter sopan santun dengan metode
pembiasaan pada anak TK B di TK Tunas Bangsa Surabaya. Penelitian ini
dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yang melibatkan
20 orang anak, 12 anak laki-laki dan 8 anak perempuan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang bersifat deskriptif,
menggambarkan karakter sopan santun siswa yang dilaporkan melalui wali murid
secara daring terhadap guru melalui wawancara, dokumentasi, observasi.
Kemudian di gunakan sebagai alat pengumpulan data yang penulis gunakan.
Bedasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran karakter sopan
santun dengan metode pembiasaan dengan nilai berkembang sesuai harapan
sebanyak 15 anak, sedangkan gambaran karakter sopan santun dengan nilai mulai
berkembang sebanyak 3 anak dan gambaran karakter sopan santun dengan nilai
belum berkembang sebanyak 2 anak, dari hasil pengumpulan data melalui metode
pembiasaan yang dilakukan oleh orangtua dirumah.
Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa efektivitas gambaran
karakter sopan santun dengan metode pembiasaan pada anak TK B di TK Tunas
Bangsa Kenjeran Surabaya sudah berjalan cukup baik dengan adanya peningkatan
pencapaian dalam pembiasaan karakter sopan santun anak. Metode pembiasaan
efektif digunakan oleh seluruh pihak untuk kesiapan anak melanjutkan pendidikan
selanjutnya.
Actions (login required)
|
View Item |