PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA DI KELAS 1 SEKOLAH DASAR DARUL ULUM SURABAYA

MARTHA, ULFA DWI (2020) PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA DI KELAS 1 SEKOLAH DASAR DARUL ULUM SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-200052_abstract.pdf

Download (357kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-27397.html

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguasaan kosakata siswa kelas I SD dan strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran kosakata di SD Darul Ulum Surabaya. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dan kualitatif. Data penelitian ini berupa hasil pembelajaran kosakata yang berupa hasil tes penguasaan kosakata siswa dan strategi pembelajaran yang digunakan guru. Sumber datanya adalah guru dan siswa kelas 1 SD Darul Ulum Surabaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan teknik wawancara dengan instrumen penelitian berupa soal tes dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukan hal-hal berikut: (1) penguasaan kosakata siswa kelas I SD Darul Ulum Surabaya tergolong rendah dari 25 siswa kelas I terdapat 10 siswa atau sebanyak 40% siswa yang tidak menuliskan jawaban di lembar jawaban. Pada kompetensi mengklasifikasikan benda hidup dan benda tak hidup dengan nilai rata-rata 74,5 dan kompetensi mengidentifikasi kegunaan benda dengan nilai rata-rata 71,2. Bahkan kompetensi siswa dalam menulis kosakata hanya mencapai nilai rata-rata 64 dengan kualifikasi sedang. , (2) strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa di antaranya adalah model pembelajaran TGT dan media kartu bergambar.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorGhufron, SyamsulNIDN0027096501syamsulghufron@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kosakata; strategi guru; siswa kelas 1
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 02:19
Last Modified: 26 Jan 2022 02:19
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8275

Actions (login required)

View Item View Item