MARTHA, ULFA DWI
(2020)
PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA DI KELAS 1 SEKOLAH DASAR DARUL ULUM SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguasaan kosakata siswa
kelas I SD dan strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran
kosakata di SD Darul Ulum Surabaya. Penelitian ini termasuk penelitian
kuantitatif dan kualitatif. Data penelitian ini berupa hasil pembelajaran kosakata
yang berupa hasil tes penguasaan kosakata siswa dan strategi pembelajaran yang
digunakan guru. Sumber datanya adalah guru dan siswa kelas 1 SD Darul Ulum
Surabaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan
teknik wawancara dengan instrumen penelitian berupa soal tes dan pedoman
wawancara. Hasil penelitian menunjukan hal-hal berikut: (1) penguasaan kosakata
siswa kelas I SD Darul Ulum Surabaya tergolong rendah dari 25 siswa kelas I
terdapat 10 siswa atau sebanyak 40% siswa yang tidak menuliskan jawaban di
lembar jawaban. Pada kompetensi mengklasifikasikan benda hidup dan benda tak
hidup dengan nilai rata-rata 74,5 dan kompetensi mengidentifikasi kegunaan
benda dengan nilai rata-rata 71,2. Bahkan kompetensi siswa dalam menulis
kosakata hanya mencapai nilai rata-rata 64 dengan kualifikasi sedang. , (2)
strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa di
antaranya adalah model pembelajaran TGT dan media kartu bergambar.
Actions (login required)
|
View Item |