GAMBARAN KECENDERUNGAN KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT SEKAR ARUM JAMBANGAN SURABAYA: SURVEY BERDASARKAN PENILAIAN ORANGTUA

SUMARTIK, SUMARTIK (2020) GAMBARAN KECENDERUNGAN KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT SEKAR ARUM JAMBANGAN SURABAYA: SURVEY BERDASARKAN PENILAIAN ORANGTUA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-200074_abstract.pdf

Download (626kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-27273.html

Abstract

Kemampuan bekerjasama mempunyai peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia karena manusia adalah makhluk sosial. Stimulasi dari orang tua dan guru sangat dibutuhkan agar kemampuan kerjasama anak berkembang sesuai dengan tahap pencapaian perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana kecenderungan kemampuan kerjasama anak usia 3-4 tahun di PPT Sekar Arum Jambangan Surabaya. Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket tidak langsung dikarenakan situasi Pandemi COVID-19. Hasil penelitian menunjukkan kecenderungan kemampuan kerjasama anak Usia 3- 4 Tahun di PPT Sekar Arum Jambangan Surabaya tertinggi pada Aspek kemampuan membantu teman yang kesulitan dalam mengerjakan tugas kelompok dengan rata-rata 96% dan terendah pada Aspek kemampuan menyelesaikan tugas yang telah dibagi dalam kelompoknya dengan rata-rata 85,55% sehingga Kecenderungan Kemampuan Kerjasama Anak Usia 3-4 Tahun Di PPT Sekar Arum Jambangan mencapai rata-rata 89,26% (kriteria sangat tinggi). Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan kemampuan kerjasama anak usia 3-4 tahun terutama untuk meningkatkan aspek kemampuan menyelesaikan tugas yang telah dibagi dalam kelompoknya dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFitriyah, Fifi KhoirulNIDN0728078804fifi@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : kemampuan kerjasama, deskriptif, anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 02:23
Last Modified: 11 Apr 2023 08:02
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8279

Actions (login required)

View Item View Item