SAIRILLAH, RUSTON ALI
(2020)
PENGARUH BRAIN GYM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR KHADIJAH WONOKROMO SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara Brain
Gym terhadap Hasil Belajar Siswa pada pelajaran IPS Di SD Khadijah Wonokromo
Surabaya. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan Quasi Experimental
design, dan bentuk desain quasi eksperiment yang digunakan yaitu Time Series Design.
Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 31 Siswa.
Pengambilan sampel menggunakan sampel random sampling, teknik
pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan
adalah Independent Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil
belajar sebelum diberikan brain gym adalah 62% dan sesudah diberikan brain gym
sebesar 74% dan 87% adanya pengaruh dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar
0,188 < 0,05, maka H-1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “Ada
pengaruh antara brain gym terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Khadijah
Surabaya”.
Implikasi dalam penelitian ini adalah dengan diberikannya brain gym dapat
mempengaruhi motivasi belajar siswa sehingga hasil belajar siswa akan meningkat,
pembelajaran akan menyenangkan karena relaksasi otak pada siswa sebelum belajar
dimulai.
Actions (login required)
|
View Item |