PENGARUH BRAIN GYM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR KHADIJAH WONOKROMO SURABAYA

SAIRILLAH, RUSTON ALI (2020) PENGARUH BRAIN GYM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR KHADIJAH WONOKROMO SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-200054_abstract.pdf

Download (679kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-27446.html

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara Brain Gym terhadap Hasil Belajar Siswa pada pelajaran IPS Di SD Khadijah Wonokromo Surabaya. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan Quasi Experimental design, dan bentuk desain quasi eksperiment yang digunakan yaitu Time Series Design. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 31 Siswa. Pengambilan sampel menggunakan sampel random sampling, teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah Independent Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar sebelum diberikan brain gym adalah 62% dan sesudah diberikan brain gym sebesar 74% dan 87% adanya pengaruh dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,188 < 0,05, maka H-1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh antara brain gym terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Khadijah Surabaya”. Implikasi dalam penelitian ini adalah dengan diberikannya brain gym dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa sehingga hasil belajar siswa akan meningkat, pembelajaran akan menyenangkan karena relaksasi otak pada siswa sebelum belajar dimulai.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRahayu, Dewi WidianaNIDN0715108901dewiwidiana@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Brain Gym, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 02:26
Last Modified: 26 Jan 2022 02:26
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8281

Actions (login required)

View Item View Item