NURKUMALARINI, ERIKA
(2020)
TINJAUAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA KELUARGA YANG MENGALAMI PERCERAIAN (BROKEN HOME) DI SEKOLAH DASAR NEGERI JEMUR WONOSARI 1 SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Erika Nurkumalarini, Tinjauan Motivasi Belajar Siswa Pada Keluarga yang
Mengalami Perceraian (Broken Home) di Sekolah Dasar Negeri Jemur
Wonosari 1 Surabaya. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Dosen
Pembimbing : Dr. M. Thamrin Hidayat, M.Kes.
Penelitian ini di latar belakangi adanya beberapa anak broken home yang
ada di sekolah sehingga peneliti tertarik untuk meninjau bagaimana motivasi
belajar siswa dari keluarga broken home tersebut. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui terutama motivasi belajar siswa pada keluarga yang mengalami
perceraian (broken home), di samping itu juga untuk mengetahui Strategi guru dalam
menangani siswa yang broken home di sekolah tersebut. Sumber data yang di dapat
pada penelitian ini, yang ada di Kecamatan Wonocolo Kelurahan Jemursari Kota
Surabaya berjumlah 4 anak pada jenjang Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data
pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, Dokumentasi.
Metode penelitian yang menggunakan adalah kualitatif deskripsi. Fokus penelitian
adalah masalah motivasi belajar anak-anak yang mengalami broken home. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa anak yang memiliki keluarga tidak lengkap (ayah
atau ibu tidak ada atau kedua-duanya), kurang mempunyai motivasi belajar yang
tinggi. Di samping itu strategi yang dilakukan guru-guru di SDN Jemur Wonosari 1
Surabaya menunjukkan bahwa guru mengajar dengan berbagai strategi dan metode
pembelajaran yang bervariasi seperti metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan
tugas agar siswa termotivasi mengikuti pembelajaran dan aktif serta afektif sehingga
siswa tidak bosan dan jenuh dalam proses pembelajaran berlangsung.
Actions (login required)
|
View Item |