AMALIA, RISKA
(2020)
META-ANALISIS PENGARUH MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Pengelolaan kelas yang dirancang oleh pendidik dapat berpengaruh dalam
peningkatan motivasi belajar siswa. Kegiatan pengkondisian dalam kelas yang
diterapkan oleh guru, sehingga manajemen kelas sangat penting dalam mencapai
tujuan yang ingin dicapai oleh guru. Beberapa macam manajemen kelas efektif
yang diterapkan oleh guru mampu mencapai tujuan sehingga dalam hal ini
diusuhakan seorang guru mampu merepakan manajemen kelas yang efektif bagi
siswanya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh manajemen kelas
dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini
menggunakan jenis metode penelitian meta-analisis. Teknik analisis data yang
digunakan peneliti yakni analisis pembanding. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa adanya pengaruh manajemen kelas dapat meningkatkan motivasi belajar
siswa sekolah dasar. Hal tersebut dilihat dari beberapa riset penelitian yang telah
dianalisis dengan tingkat persentase sebesar 88,9%, serta tingak presentase 11,1%
menunjukkan tidak ada pengaruh manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa di sekolah dasar. Hal ini dikarenakan faktor lain yang lebih
mendukung dalam motivasi belajar siswa bukan dari manajemen kelas.
Rekomendasi pada penelitian ini 1) Bagi guru pemula maupun guru yang telah
berpengalaman dalam mengajar, guru sebaiknya lebih memperhatikan serta
memiliki banyak inovasi dalam menerapkan manajemen kelas menyenangkan dan
bervariatif yang diharapkan mampu berdampak pada peningkatan motivasi belajar
siswa, 2) Bagi peneliti lain penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi untuk
membantu dalam melakukan penelitian lanjutan secara mendalam.
Actions (login required)
|
View Item |