ANALISIS SIKAP SOPAN SANTUN SISWA PADA GENERASI MILENIAL SEKOLAH DASAR

ANITA, ANITA (2020) ANALISIS SIKAP SOPAN SANTUN SISWA PADA GENERASI MILENIAL SEKOLAH DASAR. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-200012_abstract.pdf

Download (223kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-26850.html

Abstract

Sikap sopan santun pada generasi saat ini berbeda dengan generasi pendahulunya. Generasi milenial berada di zaman yang berbeda dengan zaman sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran sikap sopan santun siswa di era millenial, faktor-faktor yang menyebabkan generasi millenial kurang memiliki sikap sopan santun dan strategi yang harus dilakukan untuk meningkatkan sikap sopan santun siswa di era millenial. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode studi keputakaan. Hasil penelitian menunjukkan sikap sopan santun siswa pada generasi millenial sekarang ini mengalami degradasi atau lunturnya sikap sopan santun jika dibandingkan dengan generasi dulu yang menjiwai karakter sopan santun. Faktor yang mengakibatkan siswa kurang memiliki sikap sopan santun adalah pengaruh media sosial dan lingkungan pergaulannya. Strategi untuk meningkatkan sikap sopan santun siswa pada generasi millenial yaitu: menjadi orang tua dan guru yang kekinian dan cerdas, menciptakan lingkungan sosial yang ideal, memperlakukan anak dengan sopan, mengajarkan nilai moral dan sopan santun pada setiap pelajaran, memberi kesempatan siswa menjadi seorang pemimpin.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAkhwani, AkhwaniNIDN0719039101akhwani@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Manners, Students, Millennial Generation.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 02:40
Last Modified: 12 Apr 2023 07:29
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8292

Actions (login required)

View Item View Item