NARNIANTY, IIN
(2020)
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI PERMAINAN MEMANCING ANGKA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT MAWAR KECAMATAN TANDES SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Iin Narnianty, 2020. “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Mengenal Lambang
Bilangan Melalui Permainan Memancing Angka Pada Anak Usia 3-4 tahun di
PPT Mawar Kecamatan Tandes Surabaya”, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Dosen Pembimbing : Nanang
Rokhman Saleh, S.Ag., M.Th.I
Permainan memancing angka adalah permainan yang dapat meningkatkan
perkembangan kognitif anak dalam mengenal angka, karena permainan
memancing angka sangat menarik perhatian dan minat anak. Melalui permainan
memancing angka anak-anak akan tertarik dan tidak merasa bosan karena
kegiatan pembelajaran dilakukan sambal bermain, sehingga anak tidak merasa
bosan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal
lambang bilangan anak pada anak kelompok B di PPT Mawar kecamatan Tandes
kota Surabaya melalui permainan memancing angka. Tehnik pengumpulan data
melalui analisis data menggunakan analisis data dengan statistik deskriptif yaitu
analisis refleksi berdasar siklus.
Hasil penelitian menunjukkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak
didik kelompok B PPT Mawar Surabaya mengalami peningkatan dibandingkan
sebelumnya. Kemampuan berhtung permulaan anak mengalami peningkatan
sebesar 32,92%. pada siklus I memperoleh rata-rata persentase sebesar 51,24%
meningkat pada siklus II dengan rata-rata persentase sebesar 84,16.
Hasil yang dicapai dalam penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran
melalui permainan memancing angka ini dinyatakan berhasil karena kemampuan
mengenal angka anak sudah sesuai harapan dan sudah memenuhi kriteria
keberhasilan secara umum. Hal ini karena permainan memancing angka adalah
permainan yang disukai oleh anak, sehingga dalam mengikuti kegiatanmengenal
angka, tidak merasa terpaksa.
Actions (login required)
|
View Item |