MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI PERMAINAN MEMANCING ANGKA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT MAWAR KECAMATAN TANDES SURABAYA

NARNIANTY, IIN (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI PERMAINAN MEMANCING ANGKA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT MAWAR KECAMATAN TANDES SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-200004_abstract.pdf

Download (575kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-26716.html

Abstract

Iin Narnianty, 2020. “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Mengenal Lambang Bilangan Melalui Permainan Memancing Angka Pada Anak Usia 3-4 tahun di PPT Mawar Kecamatan Tandes Surabaya”, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Dosen Pembimbing : Nanang Rokhman Saleh, S.Ag., M.Th.I Permainan memancing angka adalah permainan yang dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak dalam mengenal angka, karena permainan memancing angka sangat menarik perhatian dan minat anak. Melalui permainan memancing angka anak-anak akan tertarik dan tidak merasa bosan karena kegiatan pembelajaran dilakukan sambal bermain, sehingga anak tidak merasa bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan anak pada anak kelompok B di PPT Mawar kecamatan Tandes kota Surabaya melalui permainan memancing angka. Tehnik pengumpulan data melalui analisis data menggunakan analisis data dengan statistik deskriptif yaitu analisis refleksi berdasar siklus. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak didik kelompok B PPT Mawar Surabaya mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya. Kemampuan berhtung permulaan anak mengalami peningkatan sebesar 32,92%. pada siklus I memperoleh rata-rata persentase sebesar 51,24% meningkat pada siklus II dengan rata-rata persentase sebesar 84,16. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran melalui permainan memancing angka ini dinyatakan berhasil karena kemampuan mengenal angka anak sudah sesuai harapan dan sudah memenuhi kriteria keberhasilan secara umum. Hal ini karena permainan memancing angka adalah permainan yang disukai oleh anak, sehingga dalam mengikuti kegiatanmengenal angka, tidak merasa terpaksa.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSaleh, Nanang RokhmanNIDN0715117602nanang_kh.aslie@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Lambang Bilangan, Permainan, Memancing Angka
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 02:56
Last Modified: 26 Jan 2022 02:56
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8300

Actions (login required)

View Item View Item