KUSWATI, ANA ERLI
(2020)
GAMBARAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN MEDIA PANGGUNG BONEKA TANGAN PADA ANAK DI TK DEWI SARTIKA WONOKROMO SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
ANA ERLI KUSWATI. 2020. Gambaran Kemampuan Interaksi Sosial Dengan
Media Panggung Boneka Tangan Pada Anak Di Tk Dewi Sartika Wonokromo
Surabaya . Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Pembimbing :
Nurul Kamariyah, S.Kep., Ns., M.Kes,
Perkembangan sosial anak sangat tergantung pada individu anak, peran
orang tua, lingkungan masyarakat dan termasuk di TK. Interaksi sosial merupakan
bagian dari perkembangan sosial anak yang dimulai semenjak balita sampai
dewasa. Di lembaga TK Dewi Sartika Wonokromo Surabaya pada kelompok B
menunjukkan bahwa sebagian besar anak yang belum mampu berinteraksi sosial
secara maksimal karena kemampuan guru dalam mengemas pembelajaran masih
belum optimal.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Sedangkan sampel
dalam penelitian ini adalah anak-anak yang berada di TK Dewi Sratika
Wonokromo Surabaya yang sejumlah 10 anak dari usia anak 5-6 tahun.
Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan sebanyak 7 anak (59%) adalah
berkembang sangat baik dalam berinteraksi sosial, sedangkan 2 anak (23%)
adalah berkembang sesuai harapan dalam berinteraksi sosial, dan 1 anak (18%)
adalah mulai berkembang atau belum mampu berinteraaksi sosial secara mandiri.
Hasil penelitian menyatakan bahwa penggunaan media panggung boneka tangan
dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak di TK Dewi Sartika
Wonokromo Surabaya.
Melalui panggung bonek tangan di TK Dewi Sartika Wonokromo
Surabaya dapat meningkatkan kemampuan Interaksi sosial anak 59% dari 10
anak, melebihi ketuntasan indikator keberhasilan yang diharapkan. Maka dari itu
media panggung boneka tangan dapat diterapkan di TK sebagai media yang dapat
meningkatkan kemampuan interaksi sosial.
Actions (login required)
|
View Item |