MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP UKURAN MELALUI KEGIATAN MENJIPLAK TELAPAK TANGAN DENGAN PENGGARIS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN TK BUNDA GHIFARI KENJERAN SURABAYA

ULFAYATIN, ULFAYATIN (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP UKURAN MELALUI KEGIATAN MENJIPLAK TELAPAK TANGAN DENGAN PENGGARIS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN TK BUNDA GHIFARI KENJERAN SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-200081_abstract.pdf

Download (601kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-27370.html

Abstract

ABSTRAK : Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep ukuran panjang pendek terhadap anak kelompok B1 TK Bunda Ghifari Kenjeran Surabaya melalui kegiatan menjiplak telapak tangan. Penelitian ini di latar belakangi oleh media pengenalan konsep ukuran yang terbatas pada penggunan LK dan penugasan di. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah kelompok B1 yang berjumlah 15 anak. Objek penelitian adalah pemahaman konsep ukuran yang dimiliki oleh anak. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil observasi pemahaman anak mengenai konsep ukuran pada pra tindakan adalah 32,2% dan mengalami peningkatan 18% pada silkus I menjadi 50,2%. Berdasarkan hasil refleksi dilakukan perbaikan berupa menyederhanakan instruksi permainan. Pada siklus II pemahaman anak mengenai konsep ukuran mengalami peningkatan sebesar 25,6% menjadi 85,8%.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaimunah, SitiNIDN0701027003maimunah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: konsep ukuran, menjiplak telapak tangan, kelompok B1
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 03:10
Last Modified: 11 Apr 2023 08:18
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8307

Actions (login required)

View Item View Item