META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

NURHASANAH, AFIFAH ENDAH (2020) META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-200014_abstract.pdf

Download (470kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-26903.html

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis ulang pengaruh sebelum dan sesudah model pembelajaran scramble untuk meningkatkan hasil belajar siswa di se kolah dasar. Model pembelajaran scramble adalah sebuah permainan menyusun kata-kata dan huruf-huruf yang telah dikacaukan letaknya sehingga membentuk suatu kata tertentu yang bermakna, melalui pembelajaran scramble siswa dapat dilatih berkreasi menyusun kata, kalimat yang acak susunannya. Penelitian ini menggunakan metode meta analisis. Tahap pertama, peneliti merumuskan masalah, kemudian mencari penelitian yang sudah ada dan relevan untuk dianalisis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan non tes yaitu metode documentary analysis dengan mencari jurnal elektronik di google cendekia dengan kriteria jurnal atau artikel komparatif. Dari hasil penelusuran diperoleh 11 artikel yang mempunyai kriteria sama dengan penelitian yang dikaji. Berdasarkan hasil analisis jurnal yang telah diperoleh model pembelajaran scramble dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dari hasil pre-test dan post-test dengan rata-rata selisih antara keduanya 24,9 Untuk memperkuat hasil dari data tersebut dapat di uji dengan bantuan program statistik IBM SPSS statistic 16 for windows dengan uji paired sample T test, berdasarkan uji data tersebut dapat dikatan H1 diterima yakni model pembelajaran scramble berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, dengan nilai sig 0,00 < 0,05.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNafiah, NafiahNIDN0723128403nefi_23@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Model, Scramble, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 03:11
Last Modified: 12 Apr 2023 07:29
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8308

Actions (login required)

View Item View Item