NURHASANAH, AFIFAH ENDAH
(2020)
META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis ulang pengaruh sebelum dan sesudah model
pembelajaran scramble untuk meningkatkan hasil belajar siswa di se kolah dasar.
Model pembelajaran scramble adalah sebuah permainan menyusun kata-kata dan
huruf-huruf yang telah dikacaukan letaknya sehingga membentuk suatu kata
tertentu yang bermakna, melalui pembelajaran scramble siswa dapat dilatih
berkreasi menyusun kata, kalimat yang acak susunannya. Penelitian ini
menggunakan metode meta analisis. Tahap pertama, peneliti merumuskan
masalah, kemudian mencari penelitian yang sudah ada dan relevan untuk
dianalisis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan non tes
yaitu metode documentary analysis dengan mencari jurnal elektronik di google
cendekia dengan kriteria jurnal atau artikel komparatif. Dari hasil penelusuran
diperoleh 11 artikel yang mempunyai kriteria sama dengan penelitian yang dikaji.
Berdasarkan hasil analisis jurnal yang telah diperoleh model pembelajaran
scramble dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dari hasil pre-test dan
post-test dengan rata-rata selisih antara keduanya 24,9 Untuk memperkuat hasil
dari data tersebut dapat di uji dengan bantuan program statistik IBM SPSS
statistic 16 for windows dengan uji paired sample T test, berdasarkan uji data
tersebut dapat dikatan H1 diterima yakni model pembelajaran scramble
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, dengan nilai sig 0,00 < 0,05.
Actions (login required)
|
View Item |