UPAYA MENINGKATKAN KOGNITIF DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SABILAS SALAMAH SURABAYA

YULIYANTI, DWI (2020) UPAYA MENINGKATKAN KOGNITIF DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SABILAS SALAMAH SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-200011_abstract.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-26734.html

Abstract

Yuliyanti, Dwi. 2020. Upaya Meningkatkan Kognitif Dalam Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Tradisional Congklak Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Sabilas Salamah Surabaya. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Kognitif adalah suatu proses berfikir untuk memecahkan masalah, kemampuan kognitif merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan individu seorang anak. Berdasarkan pengamatan pada saat pemberian materi berhitung di TK Sabilas Salamah Surabaya ditemukan fakta bahwa dari 24 anak, hanya 33% anak yang mampu mengenal konsep bilangan, sehingga perlu diteliti lebih lanjut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan permainan tradisional congklak dapat meningkatkan kognitif dalam mengenal konsep bilangan. Penelitian ini dilakukan dengan penelitian tindakan kelas, dilakukan dengan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Alat pengumpulan data dengan teknik observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan mengalami peningkatan, yaitu pada pra siklus sebesar 33%, dengan kreteria mulai berkembang (MB), pada siklus I kemampuan anak meningkat menjadi 63,81%, dengan kreteria berkembang sesuai harapan (BSH). Pada siklus II kemampuan anak meningkat 81,38%, dengan kreteria berkembang sangat baik (BSB). Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa melalui permainan tradisional congklak dapat meningkatkan kognitif dalam mengenal konsep bilangan pada anak usia 5-6 tahun di TK Sabilas Saalamah Surabaya. Disarankan kepada guru untuk memberikan kegiatan pembelajaran atau permainannyang variasi dan menarik sehingga anak tidak merasa bosan dan termotivasi dalam belajar.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaimunah, SitiNIDN0701027003maimunah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan kognitif, permainan tradisional congklak.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 03:21
Last Modified: 26 Jan 2022 03:21
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8315

Actions (login required)

View Item View Item