GAMBARAN KOMUNIKASI GURU DENGAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SDIT GHILMANI KETINTANG SURABAYA

ROZIQIN, MUHAMMAD AINUR (2020) GAMBARAN KOMUNIKASI GURU DENGAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SDIT GHILMANI KETINTANG SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-200016_abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-26917.html

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gambaran komunikasi antara guru dan orang tua dalam membentuk karakter siswa di SDIT Ghilmani Ketintang Surabaya dan untuk mengetahui dampak dari adanya komunikasi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, kemudian teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan untuk teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, disply data, dan verivikasi data, uji keabsahan data dilakukan dengan uji kredebilitas, dan uji dependabilitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, bahwa gambaran komunikasi guru dengan orang tua dalam membentuk karakter siswa, adalah sebagai berikut: 1) grup kelas yang dibuat melalui media sosial seperti whatsapp dan lain sebagainya, 2) komunikasi melalui anecdot record atau catatan anekdot yang digunakan untuk mencatat perilaku siswa setiap hari di sekolah, catatan tersebut diserahkan pada orang tua siswa ketika penerimaan raport, 3) Komunikasi melalui buku informasi, dan komunikasi siswa mandiri, 4) kegiatan home visit, yaitu kegiatan kunjuan guru ke rumah siswa, untuk menyamaikan perkembangan perilaku siswa disekolah, 5) kegiatan perenting, yaitu kegiatan mendatangkan psikolog untuk memberikan arahan pada orang tua bagaimana cara mendidik anak dengan baik. Dampak adanya komunikasi yang dilakukan guru dengan orang tua adalah: 1) adanya kerjasama yang baik antara guru dan orang tuan dalam membentuk karakter siswa di rumah dan disekolah, 2) adanya perubahan karakter siswa, karena setiap hari dipantau melalui buku informasi, dan komunikasi siswa mandiri, 3) untuk menambah pengetahuan orang tua cara mendidik anak dengan baik melalui kegiatan parenting, 4) prestasi siswa meningkat karena semua aktivitas siswa dipantau melalui anecdote record.. Rekomendasi yang disarankan dari penelitian ini adalah 1) hasil penelitian ini dapat digunakan sekolah, guru, orang tua untuk melaksanakan komunikasi sehingga dapat meningkatkan karakter siswa di sekolah maupun di rumah dengan mengintenskan komunikasi mereka, agar karakter siswa terbentuk sesuai dengan harapan dan tujuan guru dan orang tua, 2) peneliti lain, bisa digunakan sebagai acuan untuk melakukan penelitian yang sejenis terkait dengan komunikasi guru dan orang tua dalam membentuk karakter siswa.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNafiah, NafiahNIDN0723128403nefi_23@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: gambaran komunikasi, karakter siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 03:39
Last Modified: 12 Apr 2023 07:30
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8323

Actions (login required)

View Item View Item