ROZIQIN, MUHAMMAD AINUR
(2020)
GAMBARAN KOMUNIKASI GURU DENGAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SDIT GHILMANI KETINTANG SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gambaran komunikasi antara
guru dan orang tua dalam membentuk karakter siswa di SDIT Ghilmani Ketintang
Surabaya dan untuk mengetahui dampak dari adanya komunikasi tersebut. Metode
penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, kemudian teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan
untuk teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, disply data,
dan verivikasi data, uji keabsahan data dilakukan dengan uji kredebilitas, dan uji
dependabilitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, bahwa gambaran
komunikasi guru dengan orang tua dalam membentuk karakter siswa, adalah
sebagai berikut: 1) grup kelas yang dibuat melalui media sosial seperti whatsapp
dan lain sebagainya, 2) komunikasi melalui anecdot record atau catatan anekdot
yang digunakan untuk mencatat perilaku siswa setiap hari di sekolah, catatan
tersebut diserahkan pada orang tua siswa ketika penerimaan raport, 3)
Komunikasi melalui buku informasi, dan komunikasi siswa mandiri, 4) kegiatan
home visit, yaitu kegiatan kunjuan guru ke rumah siswa, untuk menyamaikan
perkembangan perilaku siswa disekolah, 5) kegiatan perenting, yaitu kegiatan
mendatangkan psikolog untuk memberikan arahan pada orang tua bagaimana cara
mendidik anak dengan baik. Dampak adanya komunikasi yang dilakukan guru
dengan orang tua adalah: 1) adanya kerjasama yang baik antara guru dan orang
tuan dalam membentuk karakter siswa di rumah dan disekolah, 2) adanya
perubahan karakter siswa, karena setiap hari dipantau melalui buku informasi, dan
komunikasi siswa mandiri, 3) untuk menambah pengetahuan orang tua cara
mendidik anak dengan baik melalui kegiatan parenting, 4) prestasi siswa
meningkat karena semua aktivitas siswa dipantau melalui anecdote record..
Rekomendasi yang disarankan dari penelitian ini adalah 1) hasil penelitian ini
dapat digunakan sekolah, guru, orang tua untuk melaksanakan komunikasi
sehingga dapat meningkatkan karakter siswa di sekolah maupun di rumah dengan
mengintenskan komunikasi mereka, agar karakter siswa terbentuk sesuai dengan
harapan dan tujuan guru dan orang tua, 2) peneliti lain, bisa digunakan sebagai
acuan untuk melakukan penelitian yang sejenis terkait dengan komunikasi guru
dan orang tua dalam membentuk karakter siswa.
Actions (login required)
|
View Item |