MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN HALANG RINTANG MENGGUNAKAN MEDIA SIMPE PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM GAYATRI KECAMATAN RUNGKUT SURABAYA

JAYANTI, ERNIS DWI (2020) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN HALANG RINTANG MENGGUNAKAN MEDIA SIMPE PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM GAYATRI KECAMATAN RUNGKUT SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-200040_abstract.pdf

Download (640kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-26860.html

Abstract

Dwijayanti,Ernis,2020 Meningkatkan keterampilan motorik kasar melalui permainan halang rintang menggunakan media simpe”. Penelitian Tindakan Kelas berbasis online Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Permainan halang rintang merupakan salah satu keterampilan untuk meningkatkan motorik kasar pada anak usia dini, ketika motorik kasar anak mulai berkembang dibutuhkan stimulasi dengan berbagai bentuk permainan motorik namun realitanya keterampilan motorik kasar pada anak di Tk Islam Gayatri Rungkut belum berkembang sehingga dibutuhkan penelitian lebih lanjut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah keterampilan motorik kasar melalui permainan halang rintang pada anak usia 5-6 tahun di Tk Islam Gayatri dapat meningkat melalui permainan halang rintang menggunakan media simpe. Subjek dari penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di Tk Islam Gayatri yang berjumlah 6 anak, terdiri dari 4 anak laki-laki dan 2 anak perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Alat pengumpulan data dengan teknik observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah diskriptif yang dipadukan dengan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan keterampilan motorik kasar anak melalui permainan halang rintang di Tk Islam Gayatri kec. Rungkut Surabaya, pada pra siklus rata-rata 39,57% dengan kriteria anak mulai berkembang (MB). Pada pelaksanaan siklus I keberhasilannya mencapai 54,16% dengan kriteria berkembang sesuai harapan (BSH). Pada pelaksanaan siklus II keberhasilannya mencapai 88,07 % dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB). Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa permainan halang rintang dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar pada anak, disarankan kepada guru untuk diberikan.Permainan dengan berbagai media dan strategi permainan yang lebih menarik, agar pembelajaran bisa berjalan lebih optimal.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSunanto, SunantoNIDN0731128404alif30@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: keterampilan motorik kasar,permainan halang rintang,media simpe
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 03:44
Last Modified: 11 Apr 2023 05:24
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8325

Actions (login required)

View Item View Item