PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR

WICAKSONO, DESY NATALIA NANDA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-200017_abstract.pdf

Download (411kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-26926.html

Abstract

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. Skripsi. SI Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode meta-analisis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, menelusuri artikel yang terdapat pada jurnal online, dengan menggunakan google scholar yang bersertifikat Sinta yang sudah diterbitkan dilaman tersebut. Dari hasil penelusuran selanjutnya, diambil 10 artikel yang diterbitkan jurnal online yang akan dijadikan dasar dalam penelitian ini dengan ketentuan adanya data sebelum dan sesudah tindakan dalam bentuk skor. Teknik analasis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan Uji Paired Sample T-Test yang dibantu SPSS 25 Windows. Berdasarkan hasil analisis data Uji Paired Sample T-Test menunjukkan bahwa H0 ditolak dan menerima H1 karena nilai Sig. (2 - tailed) ini adalah 0.001 < 0.05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika Sekolah Dasar.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRahayu, Dewi WidianaNIDN0715108901dewiwidiana@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika SD.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 03:47
Last Modified: 12 Apr 2023 07:37
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8327

Actions (login required)

View Item View Item