WICAKSONO, DESY NATALIA NANDA
(2020)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran
Matematika Sekolah Dasar. Skripsi. SI Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar (PGSD). Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sebelum dan sesudah
diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dalam
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika Sekolah Dasar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode meta-analisis. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, menelusuri artikel yang terdapat pada
jurnal online, dengan menggunakan google scholar yang bersertifikat Sinta yang
sudah diterbitkan dilaman tersebut.
Dari hasil penelusuran selanjutnya, diambil 10 artikel yang diterbitkan jurnal
online yang akan dijadikan dasar dalam penelitian ini dengan ketentuan adanya data
sebelum dan sesudah tindakan dalam bentuk skor. Teknik analasis data yang
digunakan adalah statistik deskriptif dengan Uji Paired Sample T-Test yang dibantu
SPSS 25 Windows. Berdasarkan hasil analisis data Uji Paired Sample T-Test
menunjukkan bahwa H0 ditolak dan menerima H1 karena nilai Sig. (2 - tailed) ini
adalah 0.001 < 0.05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berpengaruh terhadap hasil belajar
siswa pada mata pelajaran matematika Sekolah Dasar.
Actions (login required)
|
View Item |