UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KINESTETIK ANAK MELALUI KEGIATAN MENARI BAJOL IJO PADA USIA 5-6 TAHUN DI TK BAITUL ILMI SURABAYA

ARIANI, UUT (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KINESTETIK ANAK MELALUI KEGIATAN MENARI BAJOL IJO PADA USIA 5-6 TAHUN DI TK BAITUL ILMI SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-200089_abstract.pdf

Download (821kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-27467.html

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan kinestetik pada anak usia dini melalui kegiatan menari “ Bajol Ijo”. Penelitian ini dilaksanakan pada kelompok B Tk Baitul Ilmi surabaya dengan jumlah 10 orang anak, dilaksanakan pada bulan Mei 2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan (Action research) oleh Kemmis dan Taggart. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan/ tindakan. Analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif dengan statistik deskriptif yaitu membandingkan hasil yang diperoleh dari siklus pertama dan siklus kedua. Analisis data kualitatif dengan cara menganalisis data dari hasil catatan lapangan dan wawancara selama penelitian dengan langkah-langkah reduksi data, display data dan verifikasi data. Pada pra siklus 30%, siklus I meningkat menjadi 50% dan siklus II menjadi 80%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kinestetik pada anak usia dini kelompok B yang dilakukan melalui kegiatan menari “bajol ijo:

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRihlah, JauharoturNIDN0723099201rihlahjauhara@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Kemampuan Kinestetik, kegiatan menari kreasi “bajol ijo”
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 03:52
Last Modified: 11 Apr 2023 08:36
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8331

Actions (login required)

View Item View Item