UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIC LOGISMELALUI PERMAINAN MERONCE PADA ANAK USIA 3 SAMPAI 4 TAHUN DI PPT TITIAN ANANDA WONOKROMO SURABAYA

LAILI, FITRI NUR (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIC LOGISMELALUI PERMAINAN MERONCE PADA ANAK USIA 3 SAMPAI 4 TAHUN DI PPT TITIAN ANANDA WONOKROMO SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-200044_abstract.pdf

Download (624kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-26869.html

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan matematic logis pada anak usia 3-4 tahun melalui permainan meronce. Penelitian ini dilakukan di PPT TITIAN ANANDA Wonokromo Surabaya dengan jumlah 15 anak, dilaksanakan dari bulan April sampai Juni 2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan (Action research). Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Dan masing-masing siklus terdapat 2 pertemuan. Tiap siklus masing-masing terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara menghitung pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa melalui permainan meronce dapat meningkatkan kemampuan matematic logis anak usia 3-4 tahun di PPT TITIAN ANANDA Wonokromo Surabaya tahun ajaran 2019/2020. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil penelitian sebagai berikut: Pada siklus I, 6 anak mencapai kriteria belum berkembang (40%), 6 anak mencapai kriteria mulai berkembang ( 40%) dan 3 anak mencapai kriteria berkembang sesuai harapan (20%). Pada siklus II, 4 anak mencapai kriteria berkembang sesuai harapan (26,7%), 11 anak mencapai kriteria berkembang sangat baik (73,3%).

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRihlah, JauharoturNIDN0723099201rihlahjauhara@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kemampuan matematic logis, permainan meronce
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 04:01
Last Modified: 26 Jan 2022 04:01
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8337

Actions (login required)

View Item View Item