GAMBARAN KARAKTER KEJUJURAN PERMAINAN TRADISIONAL PADA ANAK KELOMPOK B DI TK PANCA DHARMA KEC KENJERAN

RUQOYYAH, SITI (2020) GAMBARAN KARAKTER KEJUJURAN PERMAINAN TRADISIONAL PADA ANAK KELOMPOK B DI TK PANCA DHARMA KEC KENJERAN. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-200056_abstract.pdf

Download (641kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-26893.html

Abstract

Siti Ruqoyyah, 2020. “Gambaran karakter kejujuran permainan tradisional Pada Anak Kelompok B di TK Panca Dharma kec Kenjeran” Skripsi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Pembimbing Nurul Kamariyah, S.Kep.Ns., M.Kes. Karakter kejujuran bukanlah sifat yang timbul dengan sendirinya di diri anak, kita harus mngenalkannya dengan perlahan. Mengenalkan karakter merupakan proses panjang yang harus dimulai sejak dini pada anak dan baru akan dirasakan setelah anak itu tumbuh menjadi dewasa. Salah satu cara untuk menanamkan karakter kejujuran pada anak adalah melalui pendidikan di sekolah. pendidikan itu hendaknya dimulai dari usia TK. Karena perkembangan anak usia dini masih didominasi oleh permainan,oleh sebab itu permainan tradisional sangat efektif untuk mengenalkan anak tentang karakter kejujuran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran karakter kejujuran permainan tradisonal pada anak. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian deskriptif Kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Panca Dharma dengan populasi yang berjumlah 10 anak dan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling yaitu seluruh populasi yang di jadikan sampel, karena di masa pandemic darurat covid-19 ini maka peneliti menggunakan app whatsapp untuk mengumpulkan data. Penelitian ini menggunakan pendekatan melalui wawancara, observasi, instrument berupa ceklis, dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional sangat efektif untuk mengenalkan karakter kejujuran pada anak, dari 10 responden 6 responden atau (60%) telah mengalami peningkatan. Anak tidak saja akan mengenal karakter kejujuran tetapi anak juga akan menerapkan kearakter kejujuran pada keseharian-nya, dengan mengakui kesalahan, mampu meminta maaf jika salah dan mengembalikan barang yang bukan miliknya, oleh sebab itu disarankan pada guru untuk memilih metode pembelajan yang sesuai.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKamariyah, NurulNIDN0728017002nurulkamariyah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Permainan Tradisional, Karakter Kejujuran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 06:26
Last Modified: 26 Jan 2022 06:26
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8357

Actions (login required)

View Item View Item