RUQOYYAH, SITI
(2020)
GAMBARAN KARAKTER KEJUJURAN PERMAINAN TRADISIONAL PADA ANAK KELOMPOK B DI TK PANCA DHARMA KEC KENJERAN.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Siti Ruqoyyah, 2020. “Gambaran karakter kejujuran permainan tradisional Pada Anak
Kelompok B di TK Panca Dharma kec Kenjeran” Skripsi Pendidikan Guru Pendidikan
Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya,
Pembimbing Nurul Kamariyah, S.Kep.Ns., M.Kes.
Karakter kejujuran bukanlah sifat yang timbul dengan sendirinya di diri anak, kita
harus mngenalkannya dengan perlahan. Mengenalkan karakter merupakan proses panjang
yang harus dimulai sejak dini pada anak dan baru akan dirasakan setelah anak itu tumbuh
menjadi dewasa. Salah satu cara untuk menanamkan karakter kejujuran pada anak adalah
melalui pendidikan di sekolah. pendidikan itu hendaknya dimulai dari usia TK. Karena
perkembangan anak usia dini masih didominasi oleh permainan,oleh sebab itu permainan
tradisional sangat efektif untuk mengenalkan anak tentang karakter kejujuran. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui gambaran karakter kejujuran permainan tradisonal pada
anak.
Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian deskriptif Kuantitatif. Subjek
penelitian ini adalah anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Panca Dharma dengan populasi
yang berjumlah 10 anak dan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling yaitu
seluruh populasi yang di jadikan sampel, karena di masa pandemic darurat covid-19 ini
maka peneliti menggunakan app whatsapp untuk mengumpulkan data. Penelitian ini
menggunakan pendekatan melalui wawancara, observasi, instrument berupa ceklis, dan
analisis data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional sangat efektif untuk
mengenalkan karakter kejujuran pada anak, dari 10 responden 6 responden atau (60%)
telah mengalami peningkatan. Anak tidak saja akan mengenal karakter kejujuran tetapi
anak juga akan menerapkan kearakter kejujuran pada keseharian-nya, dengan mengakui
kesalahan, mampu meminta maaf jika salah dan mengembalikan barang yang bukan miliknya,
oleh
sebab
itu
disarankan
pada
guru
untuk
memilih
metode
pembelajan
yang
sesuai.
Actions (login required)
|
View Item |