Peran Orangtua dalam Menstimulasi Perkembangan Sosial Anak Usia 4-5 Tahun di TK Khadijah Pandegiling Surabaya

Hardiningrum, Andini and Firdaus, Firdaus (2020) Peran Orangtua dalam Menstimulasi Perkembangan Sosial Anak Usia 4-5 Tahun di TK Khadijah Pandegiling Surabaya. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 4 (2). pp. 11-18. ISSN 2579-7190

[img]
Preview
PDF
Peran Orangtua dalam Menstimulasi Perkembangan Sosial Anak Usia 4-5 Tahun di TK Khadijah Pandegiling Surabaya.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review andini hardiningrum.pdf

Download (809kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin andini hardiningrum.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review firdaus.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin firdaus.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://journal.umtas.ac.id/index.php/EARLYCHILDHO...

Abstract

Anak adalah individu yang aktif membentuk pengetahuan berdasarkan pengalaman yang diperoleh melalui lingkungan tempat bergaulnya. Kemampuan sosial anak akan berkembang ketika anak melakuka sosialisasi dengan teman sekitarnya. Kemampuan sosial ini tidak terlepas dari peran orangtua yang sangat berpengaruh.. Banyak sekali orangtua yang tidak memperhatikan hal ini karena mereka sibuk bekerja dan tidak punya waktu. Komunikasi dan pelayanan yang diberikan di di TK Khadijah Pandegiing Surabaya adalah orangtua diwajibkan selalu berperan aktif dalam proses pembelajaran di sekolah, maka orangtua selalu melakukan komunikasi dan aktif menyampaikan perkembangan anak dirumah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran orang tua dalam menstimulasi perkembangan sosial anak usia 4-5 tahun di TK Khadijah Pandegiling Surabaya. Metode penelitiannya menggunakan kualititatif deskriptif. Proses pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan credibility, transferability, dependability, dan conformability. Hasil penellitiannya adalah Hasil analisis menunjukkan bahwa ada keterkaitan yang sangat signifikan mengenai peran orang tua dalam menstimulasi kemampuan sosial anak usia 4-5 tahun, yang berdampak pada kepribadian anak di perkembangan selanjutnya. Saran dari penelitian ini adalah perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui lebih dalam tentang adanya keterkaitan antara stimulasi orang tua terhadap kemampuan bersosialisasi anak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: peran orangtua, kemampuan bersosialisasi, anak usia 4-5 tahun
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Adit
Date Deposited: 07 Sep 2022 08:08
Last Modified: 10 May 2023 04:53
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8796

Actions (login required)

View Item View Item