Dampak Penggunaan Gadget di Masa Pandemi Covid-19 terhadap Perkembangan Bahasa dan Sosial Anak

Rihlah, Jauharotur and Shari, Destita and ANGGRAENI, AYU RIZKI (2021) Dampak Penggunaan Gadget di Masa Pandemi Covid-19 terhadap Perkembangan Bahasa dan Sosial Anak. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5 (1). pp. 45-55. ISSN 2579-7190

[img]
Preview
PDF
Dampak Penggunaan Gadget di Masa Pandemi Covid-19 terhadap Perkembangan Bahasa dan Sosial Anak.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review jauharotur rihlah.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin jauharotur rihlah.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review destita shari.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin destita shari.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://journal.umtas.ac.id/index.php/EARLYCHILDHO...

Abstract

Penggunaan gadget berdampak positif sebagai alat pendidikan berfungsi sebagai stimulasi perkembangan bahasa anak dan dampak negatif pada perubahan perilaku yang signifikan hal ini harus diwaspadai, dengan penerapan sistem pembelajaran daring yang berpusat pada penggunaan gadget akan berdampak pada perkembangan bahasa dan sosial anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan gadget di masa pandemi covid-19 terhadap perkembangan bahasa dan sosial anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional dengan teknik random sampling. Teknik pengambilan data berupa kuesioner/angket yang disusun menjadi butir-butir pertanyaan dengan menggunakan skala likert. Instrumen penelitian yang digunakan telah melewati uji validitas dan reliabilitas pada 36 anak didik di TK Khadijah Pandegiling Surabaya dan dinyatakan valid dengan nilai signifikansi lebih besar dari 0.3 berada pada rentang 0.5 - 0.8 pada setiap butir pertanyaan. Selanjutnya uji reliabilitas yang diperoleh pada variabel penggunaan gadget terhadap perkembangan bahasa dan perkembangan sosial sebesar 0.706, 0.750 dan 0.862 dengan kategori tinggi, sehingga butir pertanyaan pada dinyatakan valid dan reabel. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data regresi linear berganda, hasil yang diperoleh yakni dampak penggunaan gadget di masa pandemi Covid-19 berpengaruh negatif terhadap perkembangan bahasa dan sosial anak usia 5-6 tahun dengan nilai pengaruh 25.3% di TK Khadijah Pandigiling.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pandemi covid-19; penggunaan gadget; perkembangan bahasa dan sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Adit
Date Deposited: 08 Sep 2022 07:25
Last Modified: 09 Sep 2022 06:39
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8806

Actions (login required)

View Item View Item