Pembedayaan Guru SMP dalam Mengoperasikan Kuis Edukatif Quizizz untuk Menunjang Blended Learning

Rulyansah, Afib and Budiarti, Rizqi Putri Nourma and Pratiwi, Emy Yunita Rahma and Rihlah, Jauharotur (2022) Pembedayaan Guru SMP dalam Mengoperasikan Kuis Edukatif Quizizz untuk Menunjang Blended Learning. Indonesia Berdaya: Journal of Community Engagement, 3 (3). pp. 441-448. ISSN 2721-0669

[img]
Preview
PDF
Pembedayaan Guru SMP dalam Mengoperasikan Kuis Edukatif Quizizz untuk Menunjang Blended Learning.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review jauharotur rihlah.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin jauharotur rihlah.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://www.ukinstitute.org/journals/ib/article/vi...

Abstract

Kondisi Guru harus memiliki tingkat kemahiran teknologi yang tinggi agar berhasil dalam pendidikan online. Namun meski begitu, tidak semua guru pendidik mampu dengan mudah menyikapi penggunaan perangkat pembelajaran. Layanan ini bertujuan untuk memberikan bimbingan, pelatihan, dan bimbingan kepada guru agar dapat menggunakan aplikasi Quizziz untuk melakukan pembelajaran dan evaluasi yang menyenangkan. Kegiatan awal, tengah, dan akhir merupakan tiga tahapan metode yang digunakan dalam latihan ini. Focus Group Discussion kepada organisasi dan tim mitra merupakan bagian dari kegiatan awal. Pelatihan kemudian dilaksanakan, dilanjutkan dengan kegiatan tambahan. Kemampuan peserta pelatihan meningkat pesat sebagai hasil dari kegiatan ini. Data tentatif menunjukkan bahwa hanya 13% peserta yang mengetahui aplikasi Quizziz sebelum pelatihan, tetapi jumlah ini meningkat menjadi 100% setelahnya. Selanjutnya, kita akan berbicara tentang pemahaman. Hanya 8% peserta yang bisa menggunakan aplikasi Quizziz sebelum pelatihan, sedangkan 70% bisa setelah pelatihan. Terakhir, jumlah peserta yang setuju untuk mengikuti Quizziz meningkat dari 26% sebelum pelatihan menjadi 89% setelah pelatihan. Berdasarkan hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa kegiatan pengabdian ini pun berjalan dengan baik dan berhasil meningkatkan wawasan, pemahaman, dan minat peserta terhadap penggunaan Quizziz untuk pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: teknologi pembelajaran; aplikasi; aplikasi pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Adit
Date Deposited: 08 Sep 2022 08:54
Last Modified: 08 Sep 2022 09:10
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8811

Actions (login required)

View Item View Item