Pemanfaatan Webinar dalam Meningkatkan Skill Menyusun Artikel Ilmiah Program Pemberdayaan Guru Sekolah Dasar

Authar, Nailul and Rulyansah, Afib and Budiarti, Rizqi Putri Nourma and Mardhotillah, Rachma Rizqina and Dani, Novelita Ayu Rahma (2022) Pemanfaatan Webinar dalam Meningkatkan Skill Menyusun Artikel Ilmiah Program Pemberdayaan Guru Sekolah Dasar. Indonesia Berdaya: Journal of Community Engagement, 3 (4). pp. 861-870. ISSN 2721-0669

[img]
Preview
PDF
Pemanfaatan Webinar dalam Meningkatkan Skill Menyusun Artikel Ilmiah Program Pemberdayaan Guru Sekolah Dasar.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review nailul authar.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin nailul authar.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://ukinstitute.org/journals/ib/article/view/3...

Abstract

Dalam rangka membantu para guru di Jawa Timur meningkatkan kemampuannya dalam menulis artikel ilmiah, pengabdian masyarakat ini menawarkan webinar. Pendekatan bantuan yang menggunakan Participatory Action Research (PAR). Tiga puluh lima orang dari Probolinggo dan Kota Probolinggo dibantu. Bantuan diberikan dalam empat tahap: persiapan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Guru yang mengikuti program pendampingan melaporkan peningkatan keterampilan menulis mereka dalam publikasi ilmiah. Guru memulai dengan tingkat kompetensi yang rendah (59,7) tetapi mampu meningkatkan ke tingkat yang memuaskan (72,6). Umpan balik positif diterima dari kegiatan webinar setelah dilaksanakan, dan dibutuhkan sejumlah besar instruktur (84,2) sebagai bagian dari inisiatif untuk meningkatkan kemampuan peserta di bidang penulisan artikel ilmiah. Terakhir, jika terjadi pandemi Covid-19 di Jawa Timur, kompetensi guru dapat ditingkatkan melalui pendampingan webinar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendampingan; Kemampuan seorang guru; Karya Tulis Ilmiah; Konferensi; Covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of English Language Education
Depositing User: Mr. . Adit
Date Deposited: 21 Sep 2022 01:20
Last Modified: 21 Sep 2022 01:20
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8876

Actions (login required)

View Item View Item