Authar, Nailul and Rulyansah, Afib and Budiarti, Rizqi Putri Nourma and Mardhotillah, Rachma Rizqina and Alfiah, Alfiah (2022) Pendampingan Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Sekolah Dasar. Indonesia Berdaya: Journal of Community Engagement, 3 (4). pp. 871-878. ISSN 2721-0669
|
PDF
Pendampingan Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Sekolah Dasar.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
PDF
peer review nailul authar.pdf Download (804kB) | Preview |
|
|
PDF
turnitin nailul authar.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pengetahuan dan keterampilan guru dalam penelitian tindakan masih kurang, menurut sebuah penelitian. Guru, di sisi lain, merasa kesulitan untuk melaksanakan kegiatan kelas selama masa pandemi ini. Selama pandemi COVID-19, dukungan harus diberikan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Jika terjadi pandemi COVID-19 di masa mendatang, dukungan ini dimaksudkan untuk membantu guru meningkatkan kemampuannya dalam mengorganisir, mengelola, mempresentasikan, dan mempublikasikan hasil penelitian tindakan kelas. Presentasi kuliah, percakapan tatap muka, dan dialog online dan offline) digunakan untuk menerapkan teknik pendampingan. Kemudian dilakukan analisis deskriptif terhadap data tersebut. Guru dari TK dan SD Namira di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur mengikuti berbagai kegiatan di sekolah tersebut. Ada peningkatan penelitian tentang sifat analisis data tindakan, serta peningkatan kemampuan untuk merencanakan dan melakukan penelitian tindakan di kelas. Terdapat peningkatan pengembangan instrumen penelitian tindakan sekolah, serta peningkatan penyajian hasil penelitian. Peningkatan kompetensi guru dari kategori “baik” (64%) menjadi “sangat baik” (92%).
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi guru; pelatihan dan pengembangan guru; penelitian keefektifan guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Program Study of English Language Education |
Depositing User: | Mr. . Adit |
Date Deposited: | 21 Sep 2022 01:38 |
Last Modified: | 13 Apr 2023 07:05 |
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8878 |
Actions (login required)
View Item |