Penguatan Literasi Digital Melalui Alih Teknologi Program Kampus Mengajar Di SD Al Mufidah Surabaya

Wahyudi, Agus and Muflihah, Tatik and Andriani, Tharisa Putri and Setiawan, Aldi (2022) Penguatan Literasi Digital Melalui Alih Teknologi Program Kampus Mengajar Di SD Al Mufidah Surabaya. Jurmas Sosial dan Humaniora, 3 (3). pp. 346-353. ISSN 2775-6998

[img] PDF
Penguatan Literasi Digital Melalui Alih Teknologi Program Kampus Mengajar Di SD Al Mufidah Surabaya.pdf

Download (241kB)
[img] PDF
peer review agus wahyudi.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
turnitin agus wahyudi.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://ejournal.adpi-indonesia.id/index.php/jsosh...

Abstract

Literasi dasar yang harus dimiliki oleh seseorang agar mampu bersaing pada abad 21 adalah literasi baca tulis, literasi numerik, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, dan literasi budaya dan kewarganegaraan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan literasi digital guru dan siswa melalui program Kampus Mengajar di SD Al Mufidah Surabaya. Program Kampus Mengajar merupakan salah satu implementasi Kebijakan Kampus Merdeka yang bermanfaat bagi mahasiswa. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SD Al Mufidah Surabaya ini dilaksanakan dari tanggal 1 Maret 2022 hingga 25 Juni 2022. Metode kegiatan terdiri atas empat tahapan setiap minggu yaitu: merencanakan kegiatan mingguan bersama tim, melaksanakan rencana kegiatan mingguan, melakukan analisis kegiatan mingguan, membuat rencana perbaikan dan tindak lanjut. Bentuk kegiatan pengembangan literasi digital yaitu mahasiswa membantu guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran berbasis teknologi, informasi dan komunikasi (TIK). Mahasiswa membantu guru dan siswa dalam optimalisasi penggunaan berbagai aplikasi digital yaitu WhatsApp, Zoom Meeting, Google Meet, Google Drive, dan Google Form. Mahasiswa juga membantu guru dalam menyiapkan materi ajar dalam bentuk media power point (ppt) dan video pembelajaran. Dengan demikian, program Kampus Mengajar bermanfaat bagi mahasiswa untuk memperoleh pengalaman langsung di lapangan tentang menjadi guru profesional, guru dan siswa juga memperoleh informasi dan keterampilan dalam menggunakan berbagai teknologi digital sebagai bekal untuk menghadapi persaingan global pada abad 21.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Transmisi Teknologi, Literasi Digital, Kampus Sekolah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 24 Jan 2023 07:05
Last Modified: 17 Jan 2024 04:53
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/9157

Actions (login required)

View Item View Item