ANALISIS BIAYA PRODUKSI DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP LABA BERSIH PERUSAHAAN, VOLUME PENJUALAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI KASUS PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016-2020)

RATRININGTYAS, TITIS (2022) ANALISIS BIAYA PRODUKSI DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP LABA BERSIH PERUSAHAAN, VOLUME PENJUALAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI KASUS PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016-2020). [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-AC-220015_abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-32367.html

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh biaya produksi dan biaya promosi terhadap laba bersih perusahaan. Untuk mengetahui volume penjualan memoderasi pengaruh biaya produksi dan biaya promosi terhadap laba bersih perusahaan. Laba merupakan salah satu tolok ukur dari keberhasilan perusahaan. Peningkatan laba tidak lepas dari indikator – indikator yang mendukungnya diantaranya pengeluaran biaya produksi, biaya promosi dan volume penjualan yang diharapkan dapat memberikan sumbangan terhadap pembentukan laba bersih perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2016-2020. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah laporan tahunan yang berupa biaya produksi, biaya promosi, volume penjualan dan laba bersih tahun 2016-2020 yaitu berjumlah 15 sampel. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan dalam menganalisis data menggunakan aplikasi WarpPLS 7.0. Hasil dari pengujian hipotesis di dalam penelitian ini menunjukkan bahwa biaya produksi berpengaruh positif terhadap laba bersih perusahaan dan biaya promosi tidak berpengaruh positif terhadap laba bersih perusahaan. Selain itu, juga didapatkan hasil penelitian bahwa volume penjualan merupakan variabel moderasi, yaitu volume penjualan memoderasi hubungan pengaruh antara biaya produksi dan biaya promosi terhadap laba bersih perusahaan.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWahyuningtyas, Endah TriNIDN0702058102endahtri@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Biaya Produksi, Biaya Promosi, Volume Penjualan, Laba Bersih.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Economics and Business > Program Study of Accounting
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 30 Mar 2023 03:32
Last Modified: 30 Mar 2023 03:32
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/9345

Actions (login required)

View Item View Item