RATRININGTYAS, TITIS
(2022)
ANALISIS BIAYA PRODUKSI DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP LABA BERSIH PERUSAHAAN, VOLUME PENJUALAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI KASUS PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016-2020).
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh biaya produksi dan biaya
promosi terhadap laba bersih perusahaan. Untuk mengetahui volume penjualan memoderasi
pengaruh biaya produksi dan biaya promosi terhadap laba bersih perusahaan. Laba merupakan
salah satu tolok ukur dari keberhasilan perusahaan. Peningkatan laba tidak lepas dari indikator
– indikator yang mendukungnya diantaranya pengeluaran biaya produksi, biaya promosi dan
volume penjualan yang diharapkan dapat memberikan sumbangan terhadap pembentukan laba
bersih perusahaan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2016-2020.
Adapun sampel dalam penelitian ini adalah laporan tahunan yang berupa biaya produksi, biaya
promosi, volume penjualan dan laba bersih tahun 2016-2020 yaitu berjumlah 15 sampel.
Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan dalam menganalisis data
menggunakan aplikasi WarpPLS 7.0. Hasil dari pengujian hipotesis di dalam penelitian ini
menunjukkan bahwa biaya produksi berpengaruh positif terhadap laba bersih perusahaan dan
biaya promosi tidak berpengaruh positif terhadap laba bersih perusahaan. Selain itu, juga
didapatkan hasil penelitian bahwa volume penjualan merupakan variabel moderasi, yaitu
volume penjualan memoderasi hubungan pengaruh antara biaya produksi dan biaya promosi
terhadap laba bersih perusahaan.
Actions (login required)
|
View Item |